get app
inews
Aa Read Next : Mata-mata Seks Rusia Dilatih Sebagai Manipulator Ulung

Yandex adalah Mesin Pencari Pesaing Google Search dari Rusia

Sabtu, 02 Desember 2023 | 09:31 WIB
header img
Yandex Terdaftar sebagai ESO di Indonesia, Apa Artinya? (Foto: Google Play Store)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Google Search segera mendapat pesaing baru di Tanah Air. Yandex, mesin pencari Rusia mantap beroperasi di Indonesia. 

Yandex telah terdaftar sebagai Electronic System Operator (ESO) atau Operator Sistem Elektronik di Indonesia. Kepastian kehadirannya di Indonesia menjadi angin segar karena pengguna tak perlu lagi mengakali pemblokiran yang terjadi saat mengakses Yandex Search.

Bagi Yandex, terdaftar sebagai ESO menjadi langkah signifikan untuk berkembang di Indonesia. Hal ini diamini VP Strategy Yandex Search Alexander Propovskiy.

“Dengan pencapaian ini, kami memulai perjalanan untuk lebih terlibat dengan Indonesia. Misi kami tidak hanya sebatas perluasan bisnis–ini mencakup penciptaan kemitraan yang berarti, meningkatkan pengalaman digital sehari-hari, dan memfasilitasi evolusi teknologi sesuai dengan norma dan kebutuhan lokal," ujar Alexander Popovskiy.

Pendaftaran ESO di Indonesia otomatis membuat Yandex, khusus Search perlu melakukan penyelarasan dengan regulasi digital di Indonesia. Mereka diminta terus melakukan pembaruan algoritma pencarian, memberantas aplikasi pihak ketiga tidak sah, dan merencanakan peluncuran inisiatif dalam bidang pendidikan. 

Dalam keterangan resminya, Yandex juga diminta melakukan berbagai inisiatif untuk berkontribusi pada pertumbuhan komunitas digital lokal dan membantu para profesional IT.

"Salah satu inisiatif terbaru adalah undangan yang diberikan kepada para spesialis IT Indonesia untuk berpartisipasi dalam lomba pemrograman internasional Yandex Cup," tulis Yandex. 

Untuk konten panas yang selalu bisa diakses dengan mudah di Yandex akan ditutup bagi pengguna Indonesia. Karena melanggar regulasi yang berlaku di Tanah Air. 

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut