get app
inews
Aa Read Next : Bayar UKT dengan Pinjol, Ini Pandangan Majelis Ulama Indonesia 

Agar Terhindar dari Gagal Bayar, ini Cara Melunasi Utang Pinjol

Senin, 04 Desember 2023 | 17:55 WIB
header img
7 cara melunasi utang pinjol penting untuk diketahui agar terhindar dari gagal bayar. (Foto: Ilustrasi/Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - 7 cara melunasi utang pinjol penting untuk diketahui agar terhindar dari gagal bayar. Pasalnya, kondisi terlilit utang merupakan situasi yang paling menakutkan.

Pelunasan utang pinjol membutuhkan dedikasi dan waktu yang cukup signifikan. Oleh karena itu, kesabaran dan komitmen menjadi faktor krusial dalam mengatasi permasalahan keuangan yang dihadapi.

Ketika dalam proses melunasi utang pinjol, Anda disarankan untuk menghindari terjerat dalam utang baru, jika memungkinkan. Hal ini guna memastikan kondisi keuangan di masa depan dapat mengalami perbaikan yang lebih baik.

Cara Melunasi Utang Pinjol

Berikut 7 cara melunasi utang pinjol dikutip dari berbagai sumber:

1. Analisis Pemasukan dan Pengeluaran

Cara melunasi utang pinjol pertama adalah menganalisis pemasukan dan pengeluaran Anda secara rutin dan konsisten. Dari catatan tersebut, Anda dapat menyisihkan sebagian pendapatan khusus untuk melunasi utang. 

2. Susun Anggaran

Cara selanjutnya yaitu menyusun anggaran bulanan. Hal ini bisa mempermudah pengelolaan pendapatan dan pengeluaran Anda. Dalam pembuatan anggaran, Anda harus mengalokasikan dana untuk membayar utang.

3. Pembayaran Minimum

Jika Anda tidak mampu membayar seluruh jumlah utang pinjol secara langsung, disarankan untuk melakukan pembayaran minimum sesuai dengan kesepakatan dengan perusahaan pinjol. Langkah ini dapat membantu Anda mencegah akumulasi tunggakan dan tingginya tingkat bunga yang dikenakan.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut