JAKARTA, iNewsSerpong.id - Titipku terus berinovasi demi memberikan layanan dan produk terbaik bagi pelanggan. Saat ini, Tim Titipku tengah fokus memantau dan mengevaluasi secara detail kualitas produk di pasar.
"Upaya ini bertujuan agar setiap produk yang diterima pelanggan memiliki standar kebersihan dan kesegaran yang optimal," ungkap Chief Marketing Officer Titipku, Faradhita Delicia, belum lama ini.
Perhatian Titipku pada peningkatan kualitas produk sebagian besar disebabkan oleh anggapan masyarakat bahwa sayuran yang dibeli di pasar kurang bersih dan segar.
Kualitas Kesegaran Tinggi
Anggapan ini belum tentu sepenuhnya benar. Fakta menunjukkan bahwa beberapa penelitian mengungkap bahwa produk yang dijual di pasar, terutama pasar tradisional, memiliki kualitas kesegaran yang tinggi.
Misalnya, penelitian Khaeruman dan Hanafiah (2019) di Serang menyimpulkan bahwa sayur dan buah di pasar tradisional lebih segar karena bersumber langsung dari petani.
"Berdasarkan survei yang dilakukan Septiari dan Sari (2018) di Yogyakarta, mayoritas responden menyatakan kepuasan atas kualitas produk yang mereka beli dari pasar tradisional," ungkap Faradhita Delicia.
Berdasarkan hasil penelitian itu, penentuan kualitas produk di pasar sangat bergantung pada pemilihan yang tepat oleh pelanggan.
Jika pelanggan mampu memilih produk dengan cermat, mereka bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau dan bahkan dapat dinegosiasikan.
Dari data yang telah diverifikasi melalui kunjungan lapangan oleh Tim Titipku, kualitas produk di pasar sebenarnya sudah baik. Namun, perlu dijaga agar kualitas tersebut tetap terjaga sampai ke tangan pelanggan.
Titipku mengusung strategi "Proteksi 3 Lapis" yang melibatkan proses pengecekan kualitas produk oleh tim internal Titipku, pedagang, dan Jatiper.
Pertama, Tim Titipku melakukan kurasi pedagang yang berpartisipasi di Titipku, hanya pedagang dengan produk lengkap dan segar yang diperbolehkan bergabung.
Kedua, pedagang pasar diberikan dorongan agar menjual produk terbaiknya untuk konsumen Titipku.
Ketiga, Jatiper bertanggung jawab untuk memilih dan mengantar produk segar yang berkualitas bagi konsumen Titipku."
Diharapkan dengan strategi Proteksi 3 Lapis ini, Titipku dapat memberikan produk yang unggul secara kualitas kepada pelanggan, sehingga mereka merasa puas dengan layanan dan produk yang diterima. (*)
Produk yang dijual di pasar, terutama pasar tradisional, memiliki kualitas kesegaran yang tinggi. (Foto: Ist)
Editor : Syahrir Rasyid