get app
inews
Aa Read Next : 6 Cara Cek Skincare Aman untuk Kulit, Jangan Asal Oles

Ini Manfaat Skincare yang Mengandung Retinol

Minggu, 10 Desember 2023 | 19:24 WIB
header img
Kenali skincare yang mengandung retinol (foto: dok Aladin Mall)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Baru mau coba skincare yang mengandung retinol? Sebaiknya ketahui dulu manfaat dan efek sampingnya.

Retinol  merupakan bahan aktif yang banyak terkandung dalam produk skincare. Kandungan ini memiliki berbagai manfaat untuk kecantikan, mulai dari memutihkan kulit hingga mengurangi keriput.

Ada berbagai alasan mengapa retinol banyak digemari oleh para penggiat kecantikan. Berikut di antaranya.

Manfaat Skincare yang Mengandung Retinol untuk Kulit


Membantu Mengobati Jerawat
 

Sebuah ulasan sistematis pada 2019 di American Journal of Clinical Dermatology menunjukkan bahwa retinoid topikal efektif dan aman mengobati jerawat. Studi ini juga menunjukkan bahwa dosis retinoid topikal yang digunakan seseorang lebih penting daripada jenisnya. Selain itu, para peneliti juga mencatat bahwa kombinasi retinoid dan agen antimikroba dapat meningkatkan kemanjuran pengobatan jerawat. Orang dengan jerawat parah mungkin memerlukan retinoid yang lebih kuat daripada retinol (retinoid yang lebih lemah), seperti isotretinoin.

Memperbaiki Tekstur Kulit
 

Manfaat retinol juga dapat memperbaiki tekstur kulit dan melembapkannya. Pada umumnya pergantian kulit mempunyai siklus dalam waktu 3-4 pekan lamanya. Pemakaian retinol secara rutin dan jangka panjang dapat mempercepat proses regenerasi kulit. Di samping itu, retinol juga dapat meningkatkan hidrasi kulit, sehingga wajah tidak tampak kering dan kasar.

Mengatasi Milia
 

Milia adalah benjolan-benjolan kecil yang biasanya tumbuh di sekitar hidung, dahi, dan kelopak mata. Benjolan-benjolan ini sering kali sulit dihilangkan sehingga diperlukan obat untuk membasminya. Anda bisa menghilangkan milia dengan menggunakan serum retinoid, khususnya dari jenis tretinoin. Senyawa ini membantu mengikis milia dan mencegah pertumbuhan benjolan-benjolan baru sehingga tekstur kulit menjadi lebih rata.

Menunda Penuaan Dini
 

Kulit wajah memerlukan kolagen untuk menjaga elastisitas dan kesehatan kulit. Seiring bertambahnya usia kolagen yang diproduksi akan semakin menurun. Di sinilah fungsi dari retinol sebagai pemicu produksi kolagen agar tanda tanda penuaan dini dapat diminimalisir.

Meratakan Warna Kulit
 

Hiperpigmentasi adalah kondisi munculnya bercak gelap pada kulit akibat adanya produksi melanin secara berlebihan. Sementara melanin adalah pigmen pemberi warna kulit. Semakin tinggi melanin pada kulit, semakin gelap warna yang dihasilkan. Masalah hiperpigmentasi biasanya muncul karena kulit terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama. Pemakaian skincare yang mengandung retinol dapat membantu meratakan warna kulit dengan membantu regenerasi sel kulit dan menghambat produksi melanin. Hal ini menyebabkan kulit bisa terlihat lebih cerah, sehat, dan merata.

Efek Samping Retinol untuk Kulit

Meski memiliki beragam manfaat bagi kecantikan kulit, retinol juga dapat menimbulkan efek samping, terutama pada orang yang baru pertama kali menggunakannya atau orang dengan kulit sensitif. Efek samping yang sering muncul akibat penggunaan retinol adalah kulit kemerahan, gatal, dan kering. Namun, efek samping tersebut biasanya akan membaik dengan sendirinya dalam beberapa minggu ketika kulit sudah terbiasa dengan retinol.

Risiko timbulnya efek samping juga bisa meningkat bila retinol digunakan bersamaan dengan produk skincare yang mengandung AHA, BHA, vitamin C, dan asam salisilat. Selain itu, hindari pula perawatan wajah yang bisa membuat kulit terkelupas, seperti scrub, peeling, atau mikrodermabrasi.

Itulah beberapa manfaat retinol serta efek sampingnya untuk kulit. Dapatkan berbagai skincare yang mengandung retinol  di AladinMall  mumpung ada diskon s.d 45% plus gratis ongkir  tanpa batas! Download aplikasinya sekarang di Google Play  dan App Store !

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut