get app
inews
Aa Read Next : 6 Cara Cek Skincare Aman untuk Kulit, Jangan Asal Oles

7 Tips Memilih Skincare untuk Kulit Kering

Sabtu, 16 Desember 2023 | 06:57 WIB
header img
Begini cara merawat kulit agar tidak kering. (foto: dok Aladin Mall)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Skincare untuk kulit kering berbeda dengan skincare untuk kulit berminyak. Biasanya, skincare untuk kulit kering mengandung pelembap yang menghidrasi kulit. Skincare untuk kulit kering juga memiliki perlindungan ekstra dari paparan sinar ultraviolet. 

Kulit kering disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari kebiasaan mandi yang terlalu lama, terlalu sering terpapar bahan kimia, hingga akibat perubahan hormon.

Adapun ciri khas yang terlihat dari tipe kulit kering di antaranya kulit terasa tidak rata dan kasar, kulit terasa mengencang, pecah-pecah, hingga bersisik. Lebih parah, pada bagian yang pecah-pecah terkadang kulit berdarah.

Untuk mengatasi dan merawat kulit kering, Anda harus melakukan perawatan intens. Anda memerlukan sejumlah produk skincare yang dapat melembapkan kulit

Lantas, bagaimana cara memilih skincare yang tepat untuk kulit kering? Yuk, simak penjelasan berikut ini. 

Tips Memilih Skincare untuk Kulit Kering

1. Pastikan Skincare Mengandung Pelembap
Tips memilih skincare untuk kulit kering yang pertama adalah pilih produk yang mengandung pelembap. Sebab, skincare yang mengandung pelembab bisa menghidrasi kulit. Kandungan pelembab yang ada dalam skincare antara lain asam laktat, lanolin, petroleum, dan urea. Skincare yang mengandung bahan ini biasanya akan menjaga dan mengembalikan kelembapan kulit wajahmu dan terhindari dari kulit kering.

2. Pilih Skincare Berbahan Dasar Air
Kandungan pelembap dalam skincare yang kamu gunakan haruslah berbahan dasar air (water based). Ini berfungsi untuk membuat kadar air dan tingkat kelembapan kulit kamu kembali dan bisa mengatasi kekeringan kulit wajah.

3. Gunakan Sunblock dengan Proteksi UVB
Menggunakan sun protection adalah hal mutlak yang harus digunakan oleh semua kulit saat keluar ruangan. Bagi kamu pemilik kuring kering, pilihlah sun protection yang memiliki kandungan proteksi UVB (ultraviolet B). UVB merupakan gelombang sinar matahari yang berbahaya terlebih bagi kulit yang kering. Sebab, sinar UVB dapat membuat kulit lebih kering, terasa gatal dan iritasi. 

4. Hindari Kandungan Alkohol
Tidak disarankan jika kamu menggunakan skincare untuk kulit kering dengan kandungan bahan alkohol di dalamnya. Kandungan alkohol yang tinggi pada produk kecantikan bisa menghilangkan cairan alami di kulit dan menyebabkan kulit kering. Misalnya, pilihlah toner atau penyegar wajah yang khusus untuk kulit sensitif dan kulit kering. Biasanya, toner jenis ini mengandung hydroxy acid dan glycolic acid.

5. Pilih Skincare yang Mengandung Minyak
Bagi kamu yang memiliki kulit kering, pilih skincare yang ada kandungan minyak di dalamnya. Minyak yang baik dalam skincare antara lain shea butter, jojoba oil, olive oil dan sebagainya. Ada baiknya pilih produk skincare dengan tekstur krim dibanding produk dengan tekstur lotion atau tekstur bubuk. Sebab, lotion akan membuat kulit kamu menjadi semakin kering dan mudah iritasi.

6. Gunakan Gentle Skin Cleanser
Ada baiknya skincare untuk kulit kering menggunakan gentle skin cleanser karena bebas sabun dan tidak membuat kulit kamu iritasi. Biasanya jenis pembersih ini cocok untuk semua jenis kulit. Tingkat pembersihan dengan gentle skin cleanser ini lebih lembut dibanding pembersih jenis lain. Hindari menggunakan pembersih wajah dengan kandungan scrub karena akan membuat kulit menjadi iritasi. Pembersih wajah dengan bahan dasar foam juga tidak cocok untuk kulit kering sebab membuat kulit wajah semakin kering.

7. Utamakan Skincare yang Kaya Vitamin
Untuk melindungi jenis kulit kering dan menjaga kelembapannya, pilih skincare  yang mengandung vitamin A dan juga vitamin E yang diketahui memiliki fungsi untuk menutrisi kulit dan membuat kondisi kulit semakin membaik dan tidak menyebabkan iritasi. 

Itulah tips memilih skincare untuk kulit kering yang aman dan bebas iritasi. Beli produk skincare di AladinMall  dapat diskon 10%. Nikmati juga fasilitas Gratis Ongkir  tanpa batas dan promo belanja hemat lainnya dengan men-download aplikasi AladinMall di Play Store  dan App Store .

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
gaada
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut