get app
inews
Aa Read Next : PN Jaksel Kabulkan Praperadilan Eddy Hiariej, Yasonna Laoly: Pengadilan Punya Pertimbangan

Gubernur Maluku Utara Ditangkap KPK, Diduga Suap Lelang Jabatan

Selasa, 19 Desember 2023 | 06:40 WIB
header img
Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri membenarkan lebih dari 15 orang ditangkap baik di Jakarta Selatan maupun Kota Ternate di antaranya Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba. (Foto: Dok MPI)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Gubernur Maluku Utara Abdul Gani Kasuba terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT)  Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Senin, 18 Desember 2023.

Gubernur Maluku Utara ditangkap bersama 14 orang lainnya di antaranya pejabat daerah hingga pihak swasta. Operasi senyap tersebut digelar di Kota Ternate, Maluku Utara dan Jakarta.

"Sejauh ini lebih dari 15 orang yang ditangkap baik di Jakarta Selatan maupun Kota Ternate. Di antaranya benar Gubernur Maluku Utara dan beberapa pejabat lainnya serta pihak swasta," kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri, Selasa (19/12/2023).

Proyek Pengadaan Barang

Tim juga mengamankan sejumlah uang dari OTT tersebut. Uang disinyalir berkaitan dengan dugaan suap lelang jabatan serta proyek pengadaan barang dan jasa.

Ali enggan membeberkan secara rinci siapa saja pihak-pihak yang diamankan bersama Gubernur Maluku Utara. Dia hanya memastikan bahwa para pihak yang ditangkap masih dilakukan pemeriksaan intensif hingga pagi ini.

KPK mempunyai waktu 1x24 jam untuk menentukan status hukum para pihak yang diamankan dalam OTT tersebut. KPK berjanji akan mengumumkan secara transparan para pihak yang diamankan hingga kronologi OTT di Maluku Utara dan Jakarta. (*)

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut