get app
inews
Aa Read Next : Luhut Hadiri Pelantikan Menantunya Letjen Maruli Simanjuntak sebagai KSAD

Proyek Kereta Cepat Lanjut Hingga Surabaya, Jarak Tempuh 2 Jam

Rabu, 20 Desember 2023 | 14:34 WIB
header img
Kereta cepat Whoosh (Foto: Okezone)

JAKARTA, iNews.Serpong.id - Pemerintah akan melanjutkan proyek kereta cepat hingga Surabaya. Jika proyek tersebut telah rampung, maka estimasi perjalanan dari Jakarta hingga Surabaya hanya ditempuh dalam waktu dua jam. 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, dengan jarak tempuh tersebut maka akan meningkatkan efisiensi waktu yang dibutuhkan oleh masyarakat. “Bisa dibayangkan, jarak Jakarta-Surabaya yang 900 km bisa dicapai kira-kira dua jam. Ini akan kompetitif dibandingkan dnegan pesawat," ujar Budi Karya dalam Jumpa Pers Akhir Tahun Kementerian Perhubungan di Jakarta, Rabu (20/12/2023).  

Terkait pendanaan, Menhub menyebut nantinya proyek kereta cepat hingga Surabaya akan menggunakan skema pembiayaan creative financing. “Oleh karena creative financing akan dilakukan nanti bersama-sama dengan diprakarsai membuat desain dan kami berikan tender yang terbaik jadi pemenang," ucapnya. 

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, rencana pemerintah untuk melanjutkan proyek kereta cepat hingga Surabaya dipastikan terjadi. Saat ini proyek kereta cepat baru sampai Bandung. 

Luhut mengatakan, saat Presiden Joko Widodo mengunjungi China beberapa waktu lalu, pemerintah telah melakukan perjanjian dengan Negeri Tirai Bambu untuk menggarap proyek kereta cepat hingga Surabaya. "Tadi saya dengar perjanjian dengan China juga jalan, malah bunganya jauh lebih murah daripada bunga yang ditawarkan negara lain," ucap Luhut dikutip dari Instagram @luhut.pandjaitan, Minggu (29/10/2023). 

Alasan pemerintah melanjutkan kontrak dengan China juga karena teknologi yang digunakan susah teruji dan sudah mempunyai pengalaman dalam membangun proyek tersebut. Hal ini terlihat dari sudah berjalannya proyek Kereta Cepat Whoosh dengan lancar. 

Luhut mengatakan, kendala selama pembangunan sebelumnya hanya terjadi pada proses pembebasan lahan. "Masalahnya kan selama ini pembebasan ranah yang tidak jelas-jelas itu. Sekarang kita punya pengalaman we don't have problem anymore," tuturnya. 

Direncanakan, proyek kereta cepat menuju Surabaya akan melalui jalur Selatan melewati Yogyakarta. Kereta tersebut nantinya menyambung dengan Kereta Cepat Jakarta-Bandung. (*)

Editor : Burhan

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut