get app
inews
Aa Read Next : Pria Cekik Pacar hingga Tewas, Didesak Nikah tapi Uang tak Punya

Mantan Pramugari Siwi Widi Penuhi Janji, Serahkan Rp 647 Juta Ke KPK

Rabu, 02 Februari 2022 | 22:33 WIB
header img
Mantan pramugari, Siwi Widi Purwanti mengembalikan uang Rp 647,85 juta ke Komisi Pemberantasan Korupsi. (Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso).

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Siwi Widi Purwanti telah mengembalikan uang sebesar Rp 647,85 juta ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mantan pramugari itu benar memenuhi janjinya untuk menyerahkan uang ke KPK.

Uang tersebut diduga berasal dari mantan pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Wawan Ridwan yang diduga menjadi modus tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Dari informasi yang kami terima, saksi Siwi Widi saat itu telah mengembalikan seluruh uang yang diduga dinikmatinya sebagaimana uraian surat dakwaan JPU terkait dengan perkara yang sedang tahap pemeriksaan dipersidangan ini," ujar Plt Juru bicara KPK Ali Fikri di Jakarta, Rabu (2/2/2022).

Atas pengembalian uang tersebut, KPK pun mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Siwi. Namun, KPK meminta Siwi agar tetap bersaksi di persidangan meski telah mengembalikan uang.

"Namun demikian untuk menjadi lebih jelas dan terangnya perbuatan Terdakwa, tentu kami berharap saksi juga akan kooperatif hadir ketika keterangannya dibutuhkan di hadapan Majelis Hakim," kata Ali.

Diberitakan sebelumnya, dalam surat dakwaan Wawan Ridwan terungkap adanya transfer uang sebanyak 21 kali kepada Siwi Widi dengan nilai total keseluruhan sebesar Rp 647.850.000 (Rp 647 juta).

"Mentransfer sebanyak 21 kali kepada Siwi Widi Purwanti selaku teman dekat Muhammad Farsha Kautsar sejumlah Rp 647.850.000.00," ujar jaksa KPK, M Asri Irwan saat membacakan surat dakwaan di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Rabu (26/1/2022). 

Wawan Ridwan didakwa telah melakukan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan cara menempatkan, mentransfer, mengalihkan, membelanjakan hingga mengubah bentuk hasil tindak pidana suapnya. (*)

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut