get app
inews
Aa Read Next : Begini Bisukan Telepon WA dari Nomor tak Dikenal

Akibat Serangan Hacker atau Server Down, Ini Cara Mengatasi WhatsApp Bermasalah

Kamis, 03 Februari 2022 | 07:12 WIB
header img
Ahmad Muhajir

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Gangguan bisa saja terjadi di aplikasi perpesanan poluler di dunia seperti WhatsApp, baik karena diretas hacker atau disebabkan server perusahaan sedang down. Dirangkum dari berbagai sumber, apabila gangguan WhatsApp tidak terjadi secara luas, pengguna mungkin bisa mengecek pada linimasa media sosial.

Biasanya, para pengguna yang sedang mengalami WhatsApp down akan mengeluh di sana. Ketika tidak ada yang mengeluhkan hal yang sama, maka pengguna harus mencari potensi lain.

Berikut langkah yang perlu dilakukan oleh pengguna bila WhatsApp mengalami gangguan.

Hal pertama yang harus pengguna perhatikan adalah koneksi internet aktif. Pengguna perlu memeriksa Wi-Fi dan konektivitas data seluler melalui menu pengaturan jaringan dan konektivitas ponsel.

Jika keduanya diaktifkan tetapi WhatsApp masih tidak berfungsi, pengguna harus mencoba dan melihat apakah internet berfungsi untuk aplikasi lain seperti Google Chrome atau YouTube. Saat WhatsApp tidak berfungsi, tetapi aplikasi lain seperti YouTube atau Google Chrome bisa bekerja, maka ada masalah di dalam aplikasi itu sendiri.

Langkah pertama yang harus diambil adalah menghentikan aplikasi sepenuhnya. Untuk melakukan ini, pengguna perlu pergi ke menu pengaturan aplikasi di Android atau iPhone, pilih WhatsApp, lalu tekan Force Stop.

Memaksa WhatsApp berhenti akan memungkinkan pengguna untuk membersihkan cache WhatsApp, yang mungkin mengandung bug dan menghentikan WhatsApp agar tidak terhubung ke internet. Guna menghapus cache WhatsApp, gulir ke bawah ke opsi Storage & cache di halaman info aplikasi WhatsApp.

Setelah diklik, pengguna akan melihat opsi untuk bersihkan cache. Setelah selesai, matikan ponsel lalu hidupkan kembali, kemudian jalankan WhatsApp untuk mengetahui apakah telah menyelesaikan masalah. Selain itu, pengguna juga bisa melakukan pembaruan WhatsApp. (*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut