get app
inews
Aa Read Next : Demi Bebaskan 4 Sandera, Pasukan Israel Bunuh 210 Warga di Nuseirat Gaza

Hamas Paksa Israel Perang Panjang di Gaza, Ungkap Analis Militer AS 

Rabu, 27 Desember 2023 | 14:08 WIB
header img
ISW menyebut kekuatan militer Hamas lebih tangguh sehingga memaksa Israel perang panjang di Gaza (Foto: Reuters)

WASHINGTON, iNewsSerpong.id – Meskipun gempuran militer Israel ke Jalur Gaza, Palestina, sejak 7 Oktober dilakukan secara massif, namun belum mampu menghancurkan Hamas. Bahkan kelompok perlawanan yang berkuasa di Gaza itu masih memberikan perlawanan yang merepotkan Israel, termasuk di Gaza bagian utara dan selatan. 

Beda dengan klaim Israel yang mengatakan telah mengambil alih kendali wilayah utara Gaza.

Lembaga think tank militer yang berbasis di Amerika Serikat (AS), Institute for the Study of War (ISW) dan Critical Threats Project (CTP), merilis laporan serupa bahwa Hamas tetap kuat serta mampu menyusun kembali kemampuan militernya meski gempuran Israel yang terus menerus ke Gaza. 

Akibat perlawanan yang sengit itu, para pejabat Israel berkesimpulan bahwa perang melawan Hamas serta pejuang Palestina di Gaza lainnya bakal memakan waktu yang berkepanjangan.

ISW dalam laporan terbaru yang dirilis Selasa (26/12/2023) mengungkap, Hamas terus melakukan perlawanan di utara Gaza, menggunakan alat peledak buatan. Ini terlihat dalam perang di barat Kota Beit Hanoon pada Selasa (26/12/2023). 

Para pejuang juga berhasil menggagalkan upaya pasukan Israel untuk membersihkan Kota Jabalia dari kelompok-kelompok perlawanan.

“Hamas dan PIJ (Jihad Islam Palestina) juga melakukan serangan gabungan yang rumit menggunakan roket standar dan termobarik terhadap pasukan Israel yang berlindung di sebuah rumah di kota Jabalia,” bunyi pernyataan ISW, seperti dilaporkan kembali Al Jazeera, Rabu (27/12/2023). 

Pejuang Palestina juga terlibat pertempuran sengit melawan pasukan Israel di selatan Gaza serta terus menembakkan mortir dan roket ke wilayah Israel selatan pada 25 dan 26 Desember. 

Perlawanan tak hanya dilakukan di Gaza, melainkan Tepi Barat. Para pejuang bentrok dengan pasukan Israel di sembilan lokasi pada 25 Desember dan empat lokasi pada 26 Desember.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Analis Militer AS Ungkap Kekuatan Militer Hamas Paksa Israel Perang Panjang di Gaza ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/internasional/analis-militer-as-ungkap-kekuatan-militer-hamas-paksa-israel-perang-panjang-di-gaza.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut