get app
inews
Aa Read Next : Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Siap Perkuat Timnas Indonesia

Jay Idzes, Pemain Kelahiran Belanda Resmi Jadi WNI

Kamis, 28 Desember 2023 | 17:08 WIB
header img
Jay Idzes. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNews.Serpong.id – Jay Idzes tak sabar untuk membela Timnas Indonesia. Pemain keturunan bernama lengkap Jay Noah Idzes itu resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). 

Ia diambil sumpah dan janji setia kewarganegaraan Republik Indonesia di Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Kamis (28/12/2023). Proses naturalisasi berlangsung singkat. Awal Desember lalu Komisi III dan X DPR RI menyetujui pengajuan naturalisasi Idzes. Sehari berselang Paripurna DPR memberi persetujuan.   

Kini, Idzes resmi menjadi WNI. Bek tengah kelahiran Mierlo, Belanda, itu menyambut momen ini dengan suka cita. “Perasaan saya senang, tentu saja. Akhirnya saya bisa menyelesaikan prosesnya dengan baik dan menjadi WNI,” ucapnya, dikutip Instagram resmi PSSI, @pssi, Kamis (28/11/2023) siang. “Ini hari yang luar biasa dan saya dalam kondisi baik. Saya ingin berterima kasih kepada Ketum PSSI Bapak Erick Thohir, juga pemerintah Indonesia.” 

Idzes menjadi pemain naturalisasi ketujuh Timnas Indonesia era Pelatih Shin Tae-yong. Sebelumnya, sudah ada Jordi Amat, Sandy Walsh, Shayne Pattynama, Rafael Struick, dan Ivar Jenner. Itu belum termasuk Elkan Baggott yang tak melalui proses naturalisasi karena memilih menjadi WNI saat usianya masih di bawah 20 tahun pada 2021. 

Meski begitu, Idzes masih belum bisa bergabung ke Timnas Indonesia. PSSI harus menjalani satu proses lagi untuk memanggilnya masuk Tim Garuda, mendaftarkan perpindahan federasi sang pemain ke FIFA. “Saya siap memberikan segalanya untuk negara ini. Saya sudah tidak sabar ingin bergabung dengan tim dan bermain untuk Indonesia,” kata Idzes. (*)

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut