get app
inews
Aa Read Next : Tembus 516 Unit, Penjualan Mobil Listrik Omoda E5 pada Maret 2024

Tips Menggunakan QRIS Antarnegara, Solusi Praktis Pembayaran di Luar Negeri

Sabtu, 30 Desember 2023 | 06:08 WIB
header img
Dengan teknologi QRIS Cross-Border (Antarnegara), penggunaan dak terbatas di Indonesia saja tetapi juga lintas negara.(Foto : Ist)

SERPONG CITY, iNewsSerpong.id - Penggunaan QRIS telah melampaui batas negara tidak hanya di Indonesia tetapi telah menembus sejumlah negara.

Kini, teknologi QRIS Cross-Border (Antarnegara) telah dikembangkan untuk mendukung sistem pembayaran lintas negara, khususnya di wilayah ASEAN.

QRIS memungkinkan pelanggan untuk melakukan transaksi dengan kode QR saat berada di Thailand, Malaysia, dan di masa depan, akan diperluas ke berbagai negara di Asia.

Apa itu QRIS Antarnegara?

QRIS Antarnegara adalah sistem pembayaran QR yang terhubung di negara-negara yang bekerjasama, memungkinkan pelanggan untuk melakukan pembayaran lintas negara.

Mereka yang berlibur di Thailand, Malaysia, dan Singapura dapat dengan mudah melakukan pembayaran dengan memindai kode QR dari pedagang di negara tersebut. Dengan cara ini, pelanggan tidak perlu repot menukarkan mata uang Rupiah ke mata uang negara tujuan mereka.

Keunggulan QRIS Antarnegara:

1. Pembayaran Langsung Tanpa Pertukaran Uang

QRIS Antarnegara memungkinkan pelanggan melakukan pembayaran langsung tanpa perlu menukarkan uang ke valuta asing.

Cukup dengan melakukan scan sudah bisa menggunakan sumber dana tabungan Rupiah karena transaksi akan otomatis dikonversi ke mata uang negara tersebut secara real-time.

2. Praktis

Penggunaan kartu fisik tidak lagi diperlukan saat melakukan transaksi dengan QRIS ini. Cukup gunakan ponsel untuk pembayaran.

3. Keamanan

Pembayaran menggunakan QRIS lebih aman karena menghilangkan kebutuhan membawa sejumlah uang tunai. Nasabah dapat melakukan transaksi dengan nyaman tanpa risiko kehilangan uang tunai.

4. Higienis dan Mandiri

Transaksi dengan QRIS memberikan pengalaman yang lebih higienis. Pengguna dapat melakukan pembayaran sendiri dengan melakukan scan pada ponsel pribadi, sehingga mengurangi kontak fisik dan potensi penularan penyakit.

5. Mempermudah Catatan Pengeluaran

Setiap transaksi otomatis tercatat dalam mutasi rekening, memungkinkan nasabah untuk melacak total pengeluaran selama perjalanan.

Tips Menggunakan QRIS Antarnegara:

1. Logo Merchant sebagai Mitra Penyelenggara

Pastikan pedagang di negara tujuan memiliki logo QR dari mitra penyelenggara seperti Bangkok Bank (BBL), DuitNow, CIMB Bank, Public Bank Berhad di Malaysia, dan NETS atau SGQR di Singapura.

2. Verifikasi Logo

Pastikan logo mitra penyelenggara terlihat dengan jelas pada tempat pembayaran atau aplikasi merchant.



Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Jum'at, 29 Desember 2023 - 14:28 WIB oleh Atik Untari dengan judul "QRIS Cross-Border Jadi Solusi Praktis Pembayaran di Luar Negeri".

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut