get app
inews
Aa Read Next : Bridgestone Indonesia Kembali Raih Penghargaan Gold Champion WOW Brand Award 2024  

Manipulasi Uji Keamanan Daihatsu, Masih jadi Sorotan Dunia Otomotif  

Minggu, 31 Desember 2023 | 11:23 WIB
header img
Skandal manipulasi uji keamanan yang dilakukan Daihatsu menghebohkan dunia otomotif. (Foto: Ilustrasi/Dok iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Masih menjadi perbincangan hangat, skandal yang melibatkan manipulasi uji keamanan Daihatsu.  Sebelumnya, Daihatsu Motor Co dan Toyota Motor Corporation telah mengeluarkan pernyataan resmi terkait masalah itu.

Kedua perusahaan tersebut telah meminta maaf terkait insiden ini. Mereka bahkan telah menghentikan pengiriman mobil yang terkait dengan skandal ini baik di pasar domestik maupun luar negeri.

Daihatsu saat ini telah menghentikan sementara aktivitas produksi hingga proses investigasi lebih lanjut oleh pemerintah Jepang selesai. Skandal manipulasi ini semakin mencuat setelah bocornya daftar mobil yang diduga telah mengalami rekayasa pada uji keamanan.

Kesulitan Buka Pintu

Beberapa ketidaknormalan meliputi kesulitan membuka pintu setelah kecelakaan, pemalsuan data keamanan pada headrest, rekayasa kecepatan tes tabrak, hingga hasil tes tabrak samping yang tidak sesuai dengan regulasi.

Juga terdapat kesalahan lain seperti panel pintu yang melukai penumpang saat kecelakaan, perbedaan modul airbag yang dijual dan yang diuji tabrak, serta sensor airbag yang rusak sehingga airbag tidak berfungsi.

Dalam merespons informasi tersebut, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) telah mengantisipasi kebingungan publik terkait mobil-mobil yang terkena dampak dari manipulasi uji keamanan ini.

Mereka memastikan bahwa semua kendaraan Daihatsu yang diproduksi, didistribusikan, dan dipasarkan di Indonesia telah memenuhi standar kualitas dan keamanan.

ADM juga menyatakan bahwa mereka terus berkoordinasi dengan otoritas pemerintah Indonesia dan menjamin bahwa pemilik kendaraan dapat menggunakan mobil mereka dengan aman serta nyaman.

Presiden Daihatsu Motor Co, Soichiro Okudaira, sebelumnya mengungkapkan bahwa mobil-mobil Daihatsu dan Toyota yang telah beredar di jalan dan terlibat dalam penyimpangan prosedur belum diputuskan untuk melakukan recall.

Keputusan untuk melakukan recall akan diambil jika investigasi lebih lanjut menunjukkan keperluan untuk langkah tersebut.

"Saat ini kami belum menerima laporan masalah atau kecelakaan yang disebabkan oleh insiden ini. Saya pribadi melihat bahwa mobil tersebut masih dapat digunakan dengan tetap mempertimbangkan kehati-hatian dan keselamatan," ujar Soichiro Okudaira. (*)


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Skandal Manipulasi Daihatsu Bikin Heboh, Netizen Ingatkan Kasus Dieselgate VW ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/skandal-manipulasi-daihatsu-bikin-heboh-netizen-ingatkan-kasus-dieselgate-vw.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut