get app
inews
Aa Read Next : Supercar Listrik Seharga Rp3,6 Miliar produk BYD, Begini Modelnya

4 Tips Penting Harus Dilakukan saat Berkendara Terjadi Gempa Bumi

Rabu, 03 Januari 2024 | 05:03 WIB
header img
Empat langkah yang harus dilakukan apabila saat mengendarai mobil terjadi gempa bumi. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Serangkaian gempa bumi terjadi, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Setelah gempa di Sumedang, Jawa Barat, gempa dengan kekuatan 5,7 magnitudo terjadi di Jepang pada Senin (1/1/2024) pukul 16.06 waktu setempat.

Tak lama berselang, gempa susulan dengan kekuatan 7,5 magnitudo terjadi di Prefektur Ishikawa. Otoritas Jepang bahkan mengeluarkan peringatan Tsunami setelah gempa susulan di Ishikawa.

Teredam oleh Suspensi

Meskipun getaran gempa yang terasa mungkin tidak sekuat yang dirasakan di luar mobil karena teredam oleh suspensi, pengemudi bisa memperhatikan objek di sekitarnya yang bergoyang.

Ketika terjadi gempa, banyak orang keluar dari gedung-gedung perkantoran sebagai tanda untuk waspada.

Berikut adalah empat langkah yang harus dilakukan jika terjadi gempa bumi saat sedang mengemudi, seperti yang dilansir oleh Honda Indonesia:

1. Perhatikan Sekitar

Meskipun getarannya mungkin tidak terasa kuat saat mengemudi, perhatikan objek di sekitar Anda seperti tiang atau pohon yang bergoyang bersamaan. Jika merasa ada gempa, jangan panik dan hentikan mobil dengan perlahan.

2. Menepi di Tempat Terbuka

Apabila getaran yang terasa cukup besar, segera menepi di tempat yang aman. Hindari pengereman mendadak karena dapat menyebabkan kecelakaan. Hidupkan lampu sein, berhenti di tempat yang terbuka, dan hindari parkir di dekat objek yang rentan roboh.

3. Segera Cari Informasi

Nyalakan radio mobil atau cari informasi dari sumber berita terpercaya untuk memantau situasi. Ikuti instruksi dari otoritas yang berwenang jika terjadi kondisi darurat.

4. Keluar dari Mobil Jika Perlu

Apabila getarannya semakin besar, keluarlah dari mobil bersama barang berharga. Jangan memaksa melanjutkan perjalanan jika jalan mulai rusak akibat gempa.

Dan jika ada potensi tsunami, segera menuju dataran yang lebih tinggi untuk keselamatan.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Gempa Bumi Terjadi saat Berkendara, Ini 4 Hal Penting Harus Dilakukan ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/gempa-bumi-terjadi-saat-berkendara-ini-4-hal-penting-harus-dilakukan.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut