get app
inews
Aa Read Next : Selama Tahun 2023, 141 Upaya Penyelundupan Narkoba Digagalkan Bea Cukai Bandara Soetta

Sangat Cepat, Proses Imigrasi di Bandara Soekarno Hatta Hanya 15 Detik 

Kamis, 04 Januari 2024 | 07:32 WIB
header img
Sebanyak 78 autogate ditempatkan di Bandara Soekarno-Hatta (Foto: Ist)

TANGERANG, iNewsSerpong.id - Direktorat Jenderal Imigrasi telah memasang  78 autogate baru di tempat pemeriksaan imigrasi Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Autogate versi terbaru mempermudah pemeriksaan keimigrasian yang berlangsung hanya 15-25 detik bagi setiap pelintas. 

Pada autogate versi terbaru ini, warga negara asing (WNA) dengan persyaratan khusus juga sudah bisa menggunakannya.  Autogate versi ini juga mengintegrasikan teknologi Face Recognition dengan Border Control Management (BCM) yang mendukung pengawasan keimigrasian di perlintasan.

"Imigrasi telah memasang 78 autogate baru di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, 52 di terminal kedatangan dan 16 di terminal keberangkatan, dan 10 autogate baru di Terminal 2, masing-masing 5 di terminal kedatangan dan keberangkatan. Alat ini dapat digunakan baik oleh WNI maupun WNA," ujar Direktur Jenderal Imigrasi, Silmy Karim di Bandara Soekarno-Hatta pada Rabu (3/1/2024). 

Agar dapat menggunakan autogate, warga negara asing wajib menggunakan paspor elektronik dan telah memiliki visa antara lain Electronic Visa on Arrival (e-VoA) atau Electronic Visa (e-Visa) yang diajukan melalui website evisa.imigrasi.go.id. 

Adapun WNA dari 10 negara subjek bebas visa (negara anggota ASEAN), wajib mendaftarkan pengajuan BVK di evisa.imigrasi.go.id. 

"Nanti kami sediakan barcode di sekitar Bandara Soekarno-Hatta, agar orang asing bisa mendaftar melalui link yang tersedia untuk dapat melintas menggunakan autogate," ujar Silmy.

Sementara itu, pada mesin autogate versi terbaru ini juga dapat digunakan oleh WNI pemegang paspor elektronik maupun paspor biasa (non-elektronik).

Saat akan melewati autogate, pengguna harus memastikan seluruh bagian wajah terlihat dengan jelas. Aksesoris seperti topi, masker, atau lainnya yang menutup wajah harus dilepaskan lebih dahulu. Sampul paspor juga harus dibuka sebelum melakukan pemindaian (scan). 

Setelah memindai halaman biodata paspor, pengguna menghadapkan wajah pada layar di bagian depan untuk pemindaian wajah (face recognition).  

Jika sudah terpindai dan sistem tidak menunjukkan informasi yang mencurigakan, pintu autogate akan terbuka dan pengguna bisa langsung melanjutkan perjalanannya. 

Silmy menambahkan, dalam waktu dekat Direktorat Jenderal Imigrasi juga sedang memasang mesin autogate di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali serta di Batam, Kepulauan Riau. 

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Bandara Soekarno Hatta Punya 78 Autogate Baru, Proses Imigrasi Hanya 15 Detik ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/bandara-soekarno-hatta-punya-78-autogate-baru-proses-imigrasi-hanya-15-detik.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut