get app
inews
Aa Read Next : Terkait Korupsi di Kementan, KPK Sita Rumah SYL di Jaksel

Pengaduan Lain, Dewas KPK Periksa SYL dan Mantan Sekjen Kementan

Rabu, 10 Januari 2024 | 22:18 WIB
header img
Dewas KPK kembali memeriksa mantan Mentan SYL. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Syahrul Yasin Limpo (SYL) terlihat hadir di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi KPK, pada Rabu (10/1/2024).
Dewan Pengawas (Dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa SYL. 

Mantan Menteri Pertanian (Mentan) itu enggan membeberkan materi apa yang dikonfirmasi pada dirinya. "Saya tentu nggak berkompeten (ungkap isi pemeriksaan)," kata SYL.

Pada hari yang sama, Dewas KPK juga memeriksa mantan Sekjen Kementerian Pertanian (Kementan), Kasdi Subagyono. Sama dengan SYL, Kasdi pun enggan banyak memberikan komentar. 

"Dewas aja ditanyakan. (Pemeriksaan) masih etik, tapi selanjutnya sudah saya jelaskan semua," ujar Kasdi.

Sementara itu, Anggota Dewas KPK, Albertina Ho menyatakan pemeriksaan tersebut terkait dugaan pelanggaran etik oleh pimpinan KPK. Namun, ia enggan menyebutkan secara detail soal sosok dari pimpinan KPK yang dimaksud. 

"Ada laporan pengaduan. pastinya (terlapor) pimpinan KPK, udah," ucap Albertina.

Albertina melanjutkan, pemeriksaan keduanya merupakan konfirmasi perdana dari laporan tersebut. Ia pun menyebutkan bukan bagian dari pelanggaran etik Firli. 

"Ada pengaduan lain, masih diperiksa, baru klarifikasi, awal sekali," ucapnya.

"Nggak (sama dengan kasus Firli), kasus lain. Nanti dulu lah, awal-awal kita udah ngomong gimana? Kalau sudah juga kita beri tahu," tambahnya. 

Sebelumnya, SYL juga pernah dipanggil Dewas KPK. Panggilan tersebut terkait kasus pelanggaran etik yang dilakukan mantan Ketua KPK, Firli Bahuri

Di tengah pengusutan tersebut, Firli menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya itu. Kemudian, posisi Firli saat ini digantikan sementara oleh Nawawi Pomolango.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Dewas KPK Periksa SYL dan Mantan Sekjen Kementan, Kasus Apa? ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/dewas-kpk-periksa-syl-dan-mantan-sekjen-kementan-kasus-apa.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut