get app
inews
Aa Read Next : Jangan Sampai Terlewatkan, Pendaftaran CPNS Dibuka April 2024

Viral Sekda Takalar Soal Jokowi Janji Angkat Jutaan CPNS jika Gibran Menang, Istana: Tidak Betul 

Selasa, 16 Januari 2024 | 11:23 WIB
header img
Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNewsSerpong.idViral Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Takalar, Muhammad Hasbi memberi dukungan kepada Pasangan Capres Prabowo-Giban mendapat respon banyak pihak. 

Pihak Istana membantah adanya janji Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal mengangkat jutaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) sebagaimana klaim Sekda Takalar Muhammad Hasbi. Janji tersebut diklaim bakal terealisasi jika sang anak, Gibran Rakabuming Raka, memenangkan Pilpres 2024 bersama Prabowo Subianto. 

Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana dalam mengatakan "Tidak betul ada janji-janji dari presiden kepada pejabat daerah, apalagi mengaitkan proses rekruitmen CPNS atau CASN (calon aparatur sipil negara) dengan pemenangan paslon tertentu pada Pemilu 2024," katanya, Selasa (16/1/2023).

Dia menjelaskan perekrutan CPNS atau CASN merupakan kebijakan pemerintah yang dirancang KemenPAN-RB sejak lama untuk mempercepat reformasi birokrasi dan mewujudkan pelayanan publik yang berdampak bagi masyarakat.  

"Sehingga tidak ada hubungannya dengan Pemilu 2024," kata Ari.

Ari mengungkapkan kebijakan pemerintah mengenai rekrutmen CASN 2024 telah disampaikan secara terbuka dan transparan oleh Jokowi ke publik pada 5 Januari 2024 lalu. 

"Saat itu, presiden menyatakan bahwa Pemerintah membuka formasi calon aparatur sipil negara (CASN) tahun 2024,  sebanyak 2,3 juta formasi. Jadi tidak ada yang ditutup-tutupi terkait kebijakan ini," tuturnya.

Sebagaimana diberitakan, viral video Sekda Takalar, Sulawesi Selatan, Muhammad Hasbi menyebut Presiden Jokowi telah menjanjikan pengangkatan CPNS bagi tenaga pengajar. Menurut Hasbi, program tersebut akan dilanjutkan capres-cawapres nomor urut 2 jika terpilih pada Pilpres 2024. 

"Pak Jokowi sudah janjikan, kalau anaknya menang, Insya Allah akan dilanjutkan program pengangkatan CPNS jutaan. Itu harus diapresiasi, pengangkatan CPNS kita butuh. Guru-guru ini kurang. Tapi kita tidak mau menambah beban APBD, kita maunya anggaran dari pusat bertambah untuk penggajian PPPK," kata Hasbi dalam video tersebut.

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Istana Bantah Klaim Sekda Takalar soal Jokowi Janji Angkat Jutaan CPNS jika Gibran Menang ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/istana-bantah-klaim-sekda-takalar-soal-jokowi-janji-angkat-jutaan-cpns-jika-gibran-menang/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut