get app
inews
Aa Read Next : Sri Mulyani Pilih Bungkam, Saat Ditanya Kesiapan jadi Saksi Sengketa Pilpres 2024 di MK

Soal Isu Menkeu Sri Mulyani Mundur dari Kabinet, Airlangga: Nggak Mundur, Ibu Sri Kawan Saya!

Selasa, 06 Februari 2024 | 05:30 WIB
header img
Airlangga bantah kabar Sri Mulyani mundur dari kabinet (Suparjo)

JAKARTA, iNewsSerpong.id – Ketua Umum Partai Golkar, yang juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) Airlangga Hartarto menepis kabar bila Sri Mulyani Indrawati bakal mengundurkan diri sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) di Kabinet Indonesia Maju. 

Pernyataan Airlangga Hartarto ini disampaikan sekaligus menanggapi kabar pertemuan antara Sri Mulyani dengan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Walau tidak mengetahui pembahasan antara eks Direktur Pelaksana Bank Dunia dan mantan Presiden RI ke-5 itu, Airlangga memastikan Sri Mulyani tidak bakal hengkang dari kabinet Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin.  

“Nggak ada (mundur), tapi saya nggak tahu bocor (pembahasan), tapi Ibu Sri Mulyani kawan saya,” ujar Airlangga saat ditemui di tempat kerjanya, Jakarta Pusat, Senin (5/2/2024).

Tak hanya rumor Sri Mulyani, isu soal Kabinet Indonesia Maju mulai retak mencuat akhir-akhir ini. Meskipun begitu, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia juga telah membantah kabar tersebut.  

Isu itu semakin sentar, ketika Mahfud MD resmi melayangkan surat pengunduran diri dari Menko Polhukam kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (1/2/2024) kemarin.

Bahlil menegaskan, sikap Mahfud MD bukan berarti adanya keretakan di internal kabinet, namun lebih kepada Mahfud yang juga sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) pada pilpres 2024 ini. Bahkan, dia memastikan hubungan Jokowi dan Mahfud baik-baik saja. 

“Terkait pemunduran Pak Mahfud dari Menko Polhukam kan politik. Saya pikir reshuffle kabinet itu biasa-biasa saja dan itu hak politik yang harus dihormati. Alhamdulillah Pak Jokowi dan Pak Mahfud baik-baik saja,” ucap Bahlil saat ditemui di Rumah Kertanegara, Jakarta Selatan. 

Tim pembantu Presiden, lanjut dia, cukup solid dan profesional menjalankan tugas kenegaraannya. Suasana kebatinan pun dipastikan baik-baik saja. 

Bahlil mencontohkan, pada Jumat kemarin Presiden Jokowi melakukan rapat dengan para Menteri. Dalam forum kenegaraan itu, terdapat Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung yang merupakan kader Partai PDIP. 

“Saya menyampaikan di Kabinet kerja kita profesional semua. Dan tidak ada yang retak, suasana kebatinan kami semua fun-fun aja,” kata dia. 

“Buktinya hari Jumat kemarin saya rapat dengan pak Presiden. Di mana, saya rapat dengan Pak Pramono anung yang juga kader PDIP, Seskab. Pak Arifin Tasrif, saya bercanda gurau, nggak ada masalah, saya berbicara terkait investor dari italia,” ujar Airlangga.


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Airlangga Yakin Sri Mulyani Tak akan Mundur dari Kabinet: Kawan Saya! ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/airlangga-yakin-sri-mulyani-tak-akan-mundur-dari-kabinet-kawan-saya/all.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:https://www.inews.id/apps

Editor : A.R Bacho

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut