get app
inews
Aa Read Next : Tembus Dua Digit Gaji Pekerja di Jepang

Jerman jadi Negara Ekonomi Terbesar Ketiga Dunia, Kini Jepang Masuk Jurang Resesi

Senin, 19 Februari 2024 | 05:00 WIB
header img
Jepang masuk ke jurang resesi dan kehilangan posisinya sebagai negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia digantikan oleh Jerman. (Foto: Reuters)

TOKYO, iNewsSerpong.id - Melemahnya konsumsi domestik membuat perekonomian Jepang mengalami kontraksi yang tak terduga, sehingga negara tersebut tergelincir ke dalam jurang resesi.  

Tidak hanya itu, Jepang kehilangan posisinya sebagai negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia, digantikan oleh Jerman.

Menurut laporan CNN Business, Produk Domestik Bruto (PDB) Jepang menyusut sebesar 0,4 persen secara tahunan dalam tiga bulan terakhir tahun 2023, setelah mengalami kontraksi tahunan sebesar 3,3 persen pada kuartal sebelumnya.

Kontraksi Ekonomi

Resesi didefinisikan sebagai kontraksi ekonomi selama dua kuartal berturut-turut.

Data tersebut menunjukkan bahwa perekonomian Jepang kini merupakan yang keempat terbesar di dunia setelah Jerman dalam hal dolar AS pada tahun lalu.

Permintaan domestik sangat lemah, dengan semua kategori permintaan domestik utama, termasuk belanja konsumen, bernilai negatif. Hanya permintaan eksternal, yang berasal dari ekspor barang dan jasa, yang memberikan kontribusi positif.

Konsumsi swasta, yang mencakup separuh dari perekonomian, turun 0,9 persen secara tahunan pada kuartal keempat 2023 karena konsumen Jepang berjuang melawan kenaikan harga makanan, bahan bakar, dan barang lainnya. Ini merupakan penurunan ketiga berturut-turut.

Neil Newman, seorang ahli strategi dari Japanmacro, mengungkapkan bahwa Jepang mengimpor 94 persen kebutuhan energi dasarnya dan 63 persen makanannya, sehingga melemahnya yen secara signifikan berkontribusi terhadap biaya hidup yang lebih tinggi.

Yen melemah 6,6 persen terhadap dolar AS sejak awal tahun ini, menjadikannya salah satu mata uang dengan kinerja terburuk di antara mata uang yang digunakan oleh negara-negara industri dalam Kelompok 10.

Meskipun terjadi penurunan dalam konsumsi swasta dan belanja modal, permintaan eksternal terus mendukung pertumbuhan secara keseluruhan.

Ekspor melonjak sebesar 11 persen secara tahunan dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, dibantu oleh melemahnya yen. Secara khusus, konsumsi dalam negeri, termasuk belanja wisatawan, mengalami peningkatan yang signifikan.

Meskipun Jepang jatuh ke dalam resesi teknis, pasar tetap optimis, dengan indeks acuan Nikkei 225 menguat 1,2 persen dan ditutup di atas level 38.000 untuk pertama kalinya sejak tahun 1990. (*)

 


Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Jepang Masuk Jurang Resesi, Jerman Jadi Negara Ekonomi Terbesar Ketiga di Dunia ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/makro/jepang-masuk-jurang-resesi-jerman-jadi-negara-ekonomi-terbesar-ketiga-di-dunia/2.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps
 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut