get app
inews
Aa Read Next : Meatime, Berikan Sensasi Steak Bintang Lima dengan Harga Kaki Lima

Telkomsat Rogoh Kocek Rp3,5 Triliun, Hadirkan Satelit Merah Putih 2

Rabu, 21 Februari 2024 | 09:21 WIB
header img
Telkom habiskan Rp3,5 triliun bangun Satelit Merah Putih 2. (Foto: MNC Media)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Melalui anak usaha Telkomsat, PT Telkom Indonesia Tbk (Telkom)  resmi meluncurkan satelit Merah Putih 2 berteknologi High Throughput Satellite (HTS), pada 21 Februari 2024 pukul 03.11.

Merah Putih 2 ini sebagai komitmen Telkom untuk memastikan akses internet yang merata di seluruh Indonesia.

Direktur Utama Telkomsat, Lukman Hakim Abd Rauf, mengungkapkan bahwa pembangunan satelit Merah Putih 2 memakan waktu selama dua tahun dan total investasi yang dikeluarkan oleh Telkom sebesar Rp3,5 triliun.

"Pembangunan satelit ini memakan waktu dua tahun, kita mulai di akhir 2021. Total investasinya Rp3,5 triliun," ujar Lukman dalam konferensi persnya, Rabu (21/2/2023).

Menurutnya, proses pemilihan mitra dan pengadaan satelit telah mematuhi prinsip kepatuhan dan tata kelola perusahaan yang baik.

"Semua berjalan sudah sesuai dengan prosedur yang ada, dan kami selalu memantau proses pembangunan satelit ini," ujarnya.

Ia pun menjelaskan bahwa satelit ini ditenagai oleh platform mutakhir Spacebus 4000B2 dengan masa pakai desainnya selama 15 tahun.

Satelit Merah Putih 2 dengan kapasitas hingga 32 Gbps ini akan membawa transponder aktif yang terdiri dari frekuensi C-band dan Ku-band, yang akan menjangkau seluruh area Indonesia.

"Satelit yang menjadi satelit ke-11 milik Telkom ini, nantinya akan menempati slot orbit 113 derajat Bujur Timur (113 BT). Sebelumnya, Telkom telah meluncurkan Satelit Merah Putih pada tahun 2018 dengan penempatan pada slot orbit 108 BT," ujarnya.

Satelit ini juga merupakan hasil kerja sama antara Thales Alenia Space dalam hal pabrikasi dan fasilitasi peluncuran yang mulus oleh SpaceX, kedua mitra yang sudah berpengalaman dalam proyek-proyek satelit Telkom sebelumnya. (*)

 

 

 

 

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut