get app
inews
Aa Read Next : Kecelakaan di Jalan Tol, Direktur Pascasarjana Universitas Pamulang Meninggal

Puting Beliung Terjang Jatinangor Sumedang, 29 Orang Terluka

Kamis, 22 Februari 2024 | 05:48 WIB
header img
Beberapa kondisi bangunan yang terdampak akibat angin puting beliung yang melanda Kabupaten Sumedang pada Rabu (21/2/2024). Foto/Istimewa

SUMEDANG, iNewsSerpong.id – Lokasi terjadinya Angin puting beliung di Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ditinjau oleh Penjabat (PJ) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin. 

Bey Machmudin meninjau beberapa lokasi yang terdampak angin puting beliung di wilayah Kabupaten Sumedang dan Kabupaten Bandung, Rabu (21/2/2024). 

Bey Machmudin mengungkapkan, dari kejadian tersebut, beberapa rumah mengalami kerusakan bahkan tidak ada atapnya

“Ada juga rangka baja sebuah rumah dibangun, ikut terbang," ujar Bey seusai meninjau beberapa lokasi terdampak puting beliung. 

Selain meninjau beberapa rumah yang terdampak, Bey juga meninjau markas Brimob dan meminta kepada PLN untuk melakukan pemadaman.

Bey menambahkan, dalam kejadian ini sebanyak 29 mengalami luka-luka dan sudah dilarikan ke rumah sakit. 

“Sebanyak 19 orang sudah dibawa ke klinik Kahatex, kemudian 10 orang dibawa ke rumah sakit kesejahteraan karena luka ringan, semuanya berobat jalan," ucapnya.

Bey menjelaskan, mayoritas masyarakat yang terluka ini akibat reruntuhan bangunan. 

“Ada pegawai pabrik yang akan pulang kakinya tertimpa tembok. Ada yang luka di kepala tapi tidak ada luka serius,” jelasnya

Namun terkait jumlah pasien, saat ini Dinas Kesehatan Jawa Barat masih mendata. Kadinkes Jabar saat ini tengah mendata berapa jumlah pasien. “Saya pastikan tidak ada korban jiwa," tegasnya. 

Dia mengimbau kepada masyarakat khususnya Jawa Barat agar tetap selalu waspada cuaca ekstrem yang terjadi pada awal tahun 2024. 

“Saya dengan BMKG koordinasi, puting beliung ini tidak bisa diprediksi, ini masih cuaca ekstrem. Masyarakat harus waspada, jangan sampai kita lengah,” pungkasnya.

Diketahui, Angin puting beliung menerjang kawasan pemukiman di Kecamatan Jatinangor dan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat pada Rabu (21/2/2024) sekitar pukul 15.45 WIB.


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Rabu, 21 Februari 2024 - 22:34 WIB oleh Agi Ilman dengan judul "29 Orang Terluka Akibat Puting Beliung Jatinangor Sumedang". 

Editor : A.R Bacho

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut