get app
inews
Aa Read Next : Kabar Gembira, Pria Bakal dapat Cuti Khusus saat Istri Melahirkan

6.000 ASN Dipastikan Pindah ke IKN Sebelum Oktober 2024

Senin, 26 Februari 2024 | 19:38 WIB
header img
Menpan RB Abdullah Azwar Anas mengatakan pemindahan ASN ke IKN disesuaikan dengan fasilitas yang sudah tersedia. (Foto: MPI)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Sebanyak 6.000 Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur (Kaltim) sebelum Oktober 2024. Rencana ini disepakati oleh pemerintah.

"Rencananya adalah bulan Juli, namun atas arahan terbaru dari Mensesneg, kami akan melakukan koordinasi dengan Kementerian PANRB, dan insya Allah pemindahan akan dilakukan sebelum Oktober," ungkap Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, pada Senin (26/2/2024).

Azwar menjelaskan bahwa pemindahan ASN ke IKN akan disesuaikan dengan ketersediaan fasilitas yang telah tersedia, mengingat beberapa fasilitas masih akan digunakan untuk keperluan upacara Hari Kemerdekaan pada bulan Agustus.

Otoritas IKN

"Kira-kira pada bulan September, karena pada bulan Agustus masih akan digunakan untuk upacara. Jadi setelah bulan Agustus, tetapi sebelum itu, Otoritas IKN sudah harus hadir di sana," katanya.

Menurut Azwar, ia telah berkoordinasi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenai pemindahan ASN ke IKN. Dari target awal 9.000 ASN yang akan dipindahkan, baru sekitar 6.000 ASN yang siap dipindahkan sesuai dengan ketersediaan fasilitas yang disediakan oleh Kementerian PUPR.

"Kami diminta oleh Presiden untuk menyiapkan secara komprehensif terkait rencana pemindahan ASN ke IKN. Namun, hal ini tergantung pada jumlah fasilitas yang disiapkan oleh Kementerian PU. Dari total sekitar 9 ribu ASN yang direncanakan, sekitar 6.000 yang siap," jelas Azwar.

Selain itu, Azwar menegaskan bahwa dari 6.000 ASN yang akan dipindahkan, termasuk dari kementerian, lembaga, serta TNI-Polri. "Kami juga sudah menyiapkan daftar eselon 1 dan eselon 2 dari berbagai kementerian untuk pemindahan ini. Jadi, total sekitar 6.000 ASN akan dipindahkan," tambahnya. (*)

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Menpan RB Pastikan 6.000 ASN Dipindah ke IKN sebelum Oktober 2024 ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/news/nasional/menpan-rb-pastikan-6000-asn-dipindah-ke-ikn-sebelum-oktober-2024.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut