get app
inews
Aa Read Next : Apakah Diwajibkan Wanita Hamil Berpuasa di Bulan Ramadan?

Simak Kata Ahli, Amankah Wanita Hamil di Atas Usia 30 Tahun?

Rabu, 06 Maret 2024 | 07:32 WIB
header img
Ilustrasi memeriksa kehamilan. (Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpoing.id - Memiliki anak di usia matang atau di atas 30 tahun kini menjadi pilihan sebagian besar wanita. Mengapa? Alasannya tentu saja ingin berkarier dan belum siap mental hingga finansial.

Lantas amankah wanita mulai memikirkan anak atau program hamil di atas usia 30 tahun? Ternyata hamil di usia 30 menurut para ahli kesehatan  dipandang berisiko.

Hal itu juga yang disampaikan Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi Subspesialis Kedokteran Fetomaternal, dr Novan Satya Pamungkas, bahwa seseorang yang hamil pertama di usia 30an  cenderung akan mengalami risiko tinggi kehamilan.

“Angka kehamilan risiko tinggi itu meningkat, karena perempuan kebanyakan mengejar karier dulu sehingga usia reproduksi bergeser 30-38 tahun,” kata dr Novan

Ditegaskan memang tidak semua kehamilan di atas usia 30 akan menyebabkan risiko tinggi. Tetapi tidak menutup kemungkinan jika janin yang dikandungnya itu mengalami risiko down syndrome.

Bahkan bukan cuma itu, selain memiliki risiko tinggi pada saat kehamilan di atas 30 tahun, sperma dan sel telur seseorang juga kualitasnya semakin menurun. Melihat makin mundurnya usia perempuan untuk memiliki anak maka kesehatan ibu hamil memiliki dampak besar terhadap kesejahteraan ibu dan bayi yang dikandungnya. Oleh karena itu, akses layanan kesehatan yang memadai selama masa kehamilan menjadi kunci utama untuk memastikan kelahiran bayi yang sehat dan ibu yang kuat.

Akses layanan kesehatan yang memadai selama kehamilan memberikan jaminan untuk pemantauan kesehatan yang rutin dan tepat. Pemeriksaan prenatal, tes kehamilan, dan konsultasi dengan tenaga medis membantu mendeteksi potensi risiko atau komplikasi yang mungkin muncul.

Dengan deteksi dini, tindakan pencegahan dapat diambil untuk mengatasi masalah kesehatan sebelum menjadi serius, menjaga kesehatan ibu dan bayi. Mendasari hal tersebut, dalam upaya memberikan layanan terbaik yang berfokus pada keselamatan pasien, Kehamilan Sehat mengumumkan peresmian lokasi baru yang berada di Jalan Ngagel Rejo Utara No 46-48, Wonokromo Surabaya belum lama ini, bertepatan dengan Anniversary ke-7.

Langkah ini merupakan tonggak baru untuk kesuksesan Kehamilan Sehat dalam memberikan dedikasi sepenuh hati. Peresmian ini dihadiri oleh CEO Kehamilan Sehat Bapak Agus Jatmika Soegiarto, dokter Almira Shahnaz, Sp.OG, dr Arif Tunjungseto, Sp.OG dan dr Sandy Irwanto, Sp.OG.

“Tidak terasa Kehamilan Sehat sudah 7 tahun dan saya merasa bangga terhadap Kehamilan Sehat Ngagel Surabaya. Meskipun perjalanan di Surabaya berbeda dengan perjalanan kami di cabang JABETABEK, tapi saya melihat Kehamilan Sehat Ngagel Surabaya ini tetap bertumbuh dengan sangat baik”, kata Agus CEO Kehamilan Sehat.

Khusus untuk ibu hamil ada pelayanan konsultasi USG setara dengan rumah sakit, sesuai dengan visi perusahaan untuk menyediakan layanan kesehatan berkualitas tinggi.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut