get app
inews
Aa Read Next : Pilot-Kopilot Batik Air Dinonaktifkan, Tertidur saat Penerbangan Kendari-Jakarta

Pesawat Batik Air Keluar Jalur, Fakta-fakta Pilot Tertidur saat Penerbangan Kendari-Jakarta

Minggu, 10 Maret 2024 | 06:32 WIB
header img
Pilot dan kopilot Batik Air ID6723 dengan rute Kendari-Jakarta tertidur dalam penerbangan pada 25 Januari 2024. (Foto: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pilot dan kopilot Batik Air ID6723 dalam penerbangan rute Kendari-Jakarta tercatat tertidur saat penerbangan pada 25 Januari 2024.

Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyatakan keduanya tertidur selama 28 menit.

Kejadian tersebut dianggap serius karena berdampak pada kesalahan navigasi, meskipun tidak mengancam keselamatan penumpang maupun kru. Pilot, berusia 32 tahun, dan kopilot, berusia 28 tahun, bertugas di kokpit pesawat Airbus A320.

Fakta-fakta Pilot Batik Air Tertidur

Berikut beberapa fakta terkait insiden pilot Batik Air yang tertidur dalam penerbangan Kendari-Jakarta yang dirangkum oleh iNews.id

1. Sebanyak 153 Penumpang

Pesawat Batik Air ID6723 yang mengalami insiden tersebut membawa 153 penumpang. Pesawat tersebut adalah Airbus A320 dengan kode registrasi PK-LUV.

2. Kopilot Kurang Istirahat

Penyelidikan KNKT menunjukkan bahwa kopilot kurang istirahat, yang menyebabkan tidak sengaja tertidur saat mengambil alih kendali dari pilot yang ingin beristirahat.

Kopilot memberitahu rekannya bahwa dia kurang istirahat karena baru saja menjadi orang tua dari sepasang anak kembar berusia satu bulan.

3. Pesawat Keluar Jalur Penerbangan

Insiden terjadi ketika pesawat Batik Air ID6723 keluar dari jalur penerbangan. Hal ini dimulai saat pesawat terbang dengan arah 250 derajat di sebelah timur jalur yang seharusnya. Setelah itu, kopilot tidak sengaja tertidur dan tidak merespons instruksi dari ATC.

4. Teguran Keras dari Kemenhub

Kementerian Perhubungan memberikan teguran keras kepada Batik Air dan berencana melakukan investigasi khusus terkait insiden ini.

Kementerian juga menekankan pentingnya waktu dan kualitas istirahat bagi awak pesawat yang mempengaruhi tingkat kewaspadaan dalam penerbangan.

5. Kronologi Insiden

Kronologi insiden tersebut melibatkan persiapan awal penerbangan pada pukul 01.25 WIB, dengan pesawat berangkat dari Jakarta menuju Kendari pada pukul 03.14 WIB.

Setelah pendaratan di Kendari dan masa tunggu di udara karena cuaca buruk, pesawat kembali berangkat menuju Jakarta pada pukul 08.05 WITA. Insiden terjadi saat pilot tertidur dan kopilot mengalami kelelahan saat mengemudikan pesawat. (*)

 

 

Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " 5 Fakta Pilot Batik Air Tertidur saat Penerbangan Kendari-Jakarta, Nomor 3 Pesawat Keluar Jalur ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/finance/bisnis/5-fakta-pilot-batik-air-tertidur-saat-penerbangan-kendari-jakarta-nomor-3-pesawat-keluar-jalur.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut