get app
inews
Aa Read Next : Edan Preman Minta Uang Parkir Liar hingga Rp150 Ribu di Depan Masjid Istiqlal

Nasi Biryani dari Raja Salman, Menu Buka Puasa di Masjid Istiqlal

Kamis, 14 Maret 2024 | 20:16 WIB
header img
Berbuka puasa di masjid Istiqlal dengan nasi briyani dari Raja Salman (Foto: iNews.id/Devi)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Memasuki bulan suci Ramadhan, Masjid Istiqlal menjadi tujuan bagi umat Muslim di Jakarta dan sekitarnya untuk melakukan ibadah bersama. Bahkan, sejak dari sore masyarakat memadati Istiqlal untuk berbuka bersama jemaah.

Ya, buka puasa bersama di Masjid Istiqlal sudah dilaksanakan pada 1 Ramadan 1445 H di selasar Ar-Razzaq. Pada kesempatan kali ini, terdapat 4.000 nasi box yang disediakan untuk masyarakat dengan menu yang berbeda-beda. 

Salah satu menu yang tersedia yakni nasi briyani dari Raja Salman, Raja Arab Saudi. Nasi briyani ini dilengkapi ayam goreng, sambal merah, serta  acar wortel dan timun. Selain itu ada pula satu buah pisang, tiga buah kurma, dan satu botol kecil air mineral. Hidangan ini diberikan oleh Raja Salman melalui melalui Kantor Kedutaan Besar Saudi Arabia di DKI Jakarta. 

Dalam kesempatan buka bersama hari pertama ini, ada 1.000 box makanan yang disediakan oleh Raja Salman. Hal ini membuat masyarakat pun terlihat membuat video ucapan terima kasih untuk Raja Salman.

“Terima kasih Raja Salman,” kata masyarakat yang turut buka bersama di selasar Ar-Razzaq, Istiqlal, Selasa (12/3/2024). 

Di samping itu, Ketua Harian Badan Pengelola Masjid Istiqlal (BPMI) Ismail Chawidu menyampaikan, jika dihitung secara keseluruhan, Masjid Istiqlal menyediakan 4.000 box makanan untuk Senin sampai Kamis. Sementara pada Jumat sampai Minggu ada 6.000 box makanan.

Ribuan box makanan tersebut berasal dari masyarakat yang berpartisipasi untuk memberikan sumbangan. Seperti contohnya pada hari pertama ada Raja Salman yang memberikan 1.000 box nasi birani dan ayam goreng. 

Tentunya nanti akan ada berbagai macam menu lezat lain yang akan selalu disajikan oleh Masjid Istiqlal sampai akhir Ramadhan. Menu yang diberikan tentunya sesuai dengan donatur atau sponsor yang berpartisipasi. 

“Istiqlal hanya menyalurkan bantuan dari masyarakat untuk masyarakat lainnya,” kata Ismail. 

Salah satu contohnya yakni pemberian sumbangan nasi dari pemerintah DKI Jakarta. “Sementara dari DKI Jakarta menyumbang 500 box setiap harinya sampai nanti selesai Ramadan,” kata Ismail.

Di hari pertama ini, pemerintah DKI Jakarta menyajikan hidangan berupa nasi putih, rendang, capcay, dan sambal merah. Selain itu ada pula buah pisang, kurma, dan air mineral.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut