get app
inews
Aa Read Next : Hari Ini, Misa Agung Paus Fransiskus di GBK: Simak Jadwalnya dan Jangan Lupa Pakai Gelang Tiket

Bertemu Jokowi hingga Kunjungi Istiqlal: 5 Fakta Kedatangan Paus Fransiskus ke Indonesia

Senin, 02 September 2024 | 05:19 WIB
header img
Paus Fransiskus akan mengunjungi Indonesia pada Selasa, 3 September, dan memimpin Misa Kudus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Kamis, 5 September 2024. (Foto: Ist/Vatican Media)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Menjadi momen bersejarah, Paus Fransiskus berkunjung ke Indonesia dari 3 hingga 5 September 2024.

Selain Indonesia, dalam perjalanan apostoliknya juga mengunjungi Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

Berikut adalah lima fakta menarik mengenai kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia,

1.    Bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi)
Paus Fransiskus dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden Jokowi selama kunjungannya ke Indonesia dari 3 hingga 6 September 2024. Selain itu, Paus juga akan bertemu dengan pemimpin lintas agama di Masjid Istiqlal. Kunjungan ini menggambarkan pentingnya hubungan bilateral antara Indonesia dan Vatikan, dengan Paus sebagai Kepala Negara Vatikan dan pemimpin Gereja Katolik.

2.    Negara Pertama yang Dikunjungi dalam Tur Asia-Pasifik
Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi Paus Fransiskus dalam rangkaian perjalanan apostoliknya di kawasan Asia Pasifik. Setelah Indonesia, Paus akan melanjutkan kunjungannya ke Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura.

3.    Kunjungan Pertama Sejak 1989
Kunjungan Paus Fransiskus menandai kunjungan pertama seorang Paus ke Indonesia dalam 35 tahun terakhir, menjadikannya sebagai Paus ketiga yang mengunjungi Indonesia setelah Paus Paulus VI pada tahun 1970 dan Paus Yohanes Paulus II pada tahun 1989.

4.    Memimpin Misa Agung di Stadion GBK
Pada 5 September 2024, Paus Fransiskus akan memimpin Misa Agung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, dengan diperkirakan dihadiri oleh 80.000 jemaat. Panitia telah mengimbau para peserta untuk menggunakan transportasi umum guna menghindari kemacetan di sekitar kompleks Senayan.

5.    Kunjungi Masjid Istiqlal
Paus Fransiskus juga dijadwalkan untuk mengunjungi Masjid Istiqlal, Jakarta, pada 5 September 2024. Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar, menyatakan bahwa persiapan matang telah dilakukan untuk menyambut kedatangan Paus. Dalam kunjungan ini, Paus dan Imam Besar Istiqlal akan menandatangani pernyataan kemanusiaan bersama, yang menjadi simbol penting kerja sama antaragama di Indonesia. (*)

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut