get app
inews
Aa Read Next : Aion Mobil Listrik Baru dari China, Siap Jajal Pasar Otomotif Indonesia  

Turun Drastis Penjualan Mobil Listrik Hyundai, Ini Ternyata Penyebabnya

Minggu, 31 Maret 2024 | 05:31 WIB
header img
Hyundai mengakui penjualan mobil listrik pada awal 2024 mengalami penurunan cukup drastis. (Foto: iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Penjualan mobil listrik PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengalami penurunan yang signifikan pada awal tahun ini, jauh dari target yang ditetapkan.

Berdasarkan data wholesales dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Hyundai hanya berhasil menjual 312 unit kendaraan listrik, terdiri dari 302 unit Hyundai Ioniq 5 dan 10 unit Hyundai Ioniq 6.

Rincian penjualan menunjukkan bahwa pada Januari 2024, penjualan Hyundai Ioniq 5 mencapai 268 unit, namun pada Februari 2024 angkanya menurun drastis menjadi hanya 34 unit. Sementara Hyundai Ioniq 6 hanya berhasil didistribusikan sebanyak 7 unit pada awal tahun, dan hanya 3 unit pada bulan Februari.

Terjadi Kenaikan Harga

Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Fransiscus Soerjopranoto, mengungkapkan bahwa penurunan ini telah berlangsung sejak tahun lalu, terutama di bulan Februari.

Penjualan mobil listrik Hyundai pada periode yang sama pada tahun sebelumnya juga menunjukkan penurunan yang signifikan, dengan wholesales Hyundai Ioniq 5 mencapai 447 unit pada dua bulan pertama 2023.

Penyebab penurunan penjualan ini dikaitkan dengan berbagai faktor, termasuk kenaikan harga, tingginya tingkat suku bunga, serta faktor-faktor politik dan regulasi.

Meskipun penjualan mobil listrik Hyundai tahun lalu meningkat signifikan berkat insentif pemerintah, penerapan kembali program tersebut masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah.

Di sisi lain, persaingan di pasar mobil listrik semakin ketat dengan hadirnya model dan merek baru, seperti brand asal China BYD dan pabrikan Vietnam VinFast. Chery dan MG juga turut meramaikan pasar dengan meluncurkan mobil listrik terbaru. (*)

 



Artikel ini telah tayang di www.inews.id dengan judul " Penjualan Mobil Listrik Hyundai Turun Drastis, Ini Penyebabnya ", Klik untuk baca: https://www.inews.id/otomotif/mobil/penjualan-mobil-listrik-hyundai-turun-drastis-ini-penyebabnya.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Berita iNews Serpong di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut