get app
inews
Aa Read Next : Segini Harganya, Mobil Listrik Mercedes EQE 350 4MATIC AMG Mengaspal di Indonesia

Hyundai Berharap tidak Saling Bunuh, Mobil Listrik China Serbu Pasar Indonesia

Minggu, 16 Juni 2024 | 16:00 WIB
header img
Kehadiran mobil listrik China diharapkan dapat mendorong pertumbuhan kendaraan elektrifikasi (EV) di Indonesia, dan tidak terjadi kanibalisme. ((Foto: Fabrizio Bensch/Reuters)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Brand otomotif asal China ramaikan pasar otomotif Indonesia menawarkan mobil listrik dengan harga kompetitif. Namun, kehadiran mereka bisa menjadi buah simalakama bagi pasar otomotif Indonesia.

Masuknya mobil listrik China diyakini dapat mendorong pertumbuhan kendaraan elektrifikasi (EV) di Indonesia, mengarahkan masyarakat untuk beralih ke mobil listrik dan meningkatkan volume kendaraan listrik di pasar.

Namun, di sisi lain, kehadiran mereka bisa menjadi masalah jika pasar tidak berkembang dan terjadi persaingan tidak sehat. Hal ini dapat mengakibatkan produsen memperebutkan pasar yang sedikit dan berpotensi merugikan satu sama lain.

Pasar Masih Lebar

Chief Operating Officer (COO) PT Hyundai Motors Indonesia (HMID), Fransiscus Soerjopranoto, memandang pasar mobil listrik masih sangat besar, berbeda dengan pasar mobil bermesin pembakaran internal (ICE).

Menurutnya, untuk dapat mengambil pasar ICE, perusahaan harus mengeluarkan model yang lebih baik dibandingkan yang sudah beredar di pasar.

Di pasar mobil listrik, modelnya saja berbeda dan bentuknya bervariasi. Jadi, masuknya mobil listrik justru sebenarnya bagus untuk menambah volume mobil listrik.

"Saat ini kontribusi mobil listrik hanya 0,7 persen dari total pasar pada 2022. Pada 2023, dengan hanya dua pemain, Hyundai dan Wuling, kontribusinya mencapai 1,9 persen. Sekarang, hingga Mei, mencapai sekitar 2,6-2,7 persen," ujar Frans saat berkunjung ke Gedung iNews Tower, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Kamis (13/6/2024).

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut