get app
inews
Aa Read Next : Polisi Jujur Aiptu Supriyanto, Dapat Hadiah Masuk Sekolah Perwira

Polisi Jujur, Temukan Tas Pemudik Berisi Uang Rp100 Juta Langsung Cari Pemilik

Senin, 15 April 2024 | 18:02 WIB
header img
Aiptu Supriyanto, anggota Polri yang berjaga di Rest Area KM 116 A Tol Trans Sumatera wilayah hukum Polres Lampung Tengah menemukan tas pemudik tertinggal di toilet berisi uang tunai Rp100 juta. (Foto: Humas Polres Lampung Tengah)

LAMPUNG TENGAH, iNewsSerpong.id - Patut diapresiasi langkah Aiptu Supriyanto dari Kepolisian Resor Lampung Tengah dalam mengembalikan tas pemudik yang berisi uang Rp100 juta.

Peristiwa tersebut terjadi selama arus balik Lebaran 2024 di Rest Area KM 116 A, Jalan Tol Trans Sumatera Bakauheni-Palembang, di Kecamatan Bumi Ratu Nuban, Kabupaten Lampung Tengah, pada Minggu (14/4/2024) sekitar pukul 07.00 WIB.

Aiptu Supriyanto menemukan tas tersebut di dalam toilet saat sedang melakukan patroli rutin. Setelah diperiksa bersama petugas lainnya, ternyata tas tersebut berisi uang tunai sejumlah hampir Rp100 juta.

Pengeras Suara Masjid

Tanpa ragu, Aiptu Supriyanto segera mengumumkan temuannya menggunakan pengeras suara masjid di rest area dan mengembalikan tas serta isinya kepada pemiliknya.

"Ketika saya sedang patroli, saya menemukan tas milik pemudik yang tergantung di tembok toilet umum nomor 3 rest area," ujar Supriyanto. Dia kemudian membawa tas tersebut ke pos untuk diperiksa bersama sekuriti dan petugas lainnya.

"Setelah dibuka, terungkap bahwa tas tersebut berisi uang tunai hampir Rp100 juta, serta barang berharga seperti handphone, paspor, dan dompet yang berisi identitas pemiliknya," tambahnya.

Tanpa menunda, Aiptu Supriyanto segera mencari pemiliknya dengan mengumumkan lewat pengeras suara masjid serta melakukan panggilan telepon ke nomor yang tertera di dompet. Setelah berhasil dihubungi, ia bertemu dengan pemilik tas di masjid rest area untuk mengembalikannya.

"Saat itu, yang terpenting bagi saya adalah agar tas tersebut segera dikembalikan kepada pemiliknya sebelum mereka melanjutkan perjalanan. Itu sebabnya saya bereaksi cepat," ungkapnya.

Pemilik tas, Sukisno (55), mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Aiptu Supriyanto atas kejujurannya. Sukisno dan keluarganya hendak pulang ke Belitang, Sumatera Selatan, setelah berkunjung ke Pulau Jawa untuk bersilaturahmi.

"Terima kasih banyak, Pak. Semoga Bapak selalu dilindungi dan diberkahi oleh Allah SWT dalam menjalankan tugas melayani masyarakat," ucap Sukisno. (*)

 



Artikel ini telah tayang di lampung.inews.id dengan judul " Pengakuan Polisi Jujur Temukan Tas Pemudik Berisi Uang Rp100 Juta ", Klik untuk baca: https://lampung.inews.id/berita/pengakuan-polisi-jujur-temukan-tas-pemudik-berisi-uang-rp100-juta?_ga=2.208335826.1579118267.1705992746-851077438.1680332012.

Download aplikasi Inews.id untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
https://www.inews.id/apps

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut