TOKYO, iNewsSerpong.id - Honda perkenalkan sistem E-Clutch pada mesin CBR650R dan CB650R 2024, menarik perhatian karena menjadi alternatif sistem gigi konvensional yang lebih kompleks dan Dual Clutch Transmission (DCT).
Selain itu, sistem ini juga merupakan upaya Honda untuk memastikan pengendara mendapatkan pengendalian mesin yang optimal serta lebih praktis.
Dalam perkembangan terbaru, pesaing utamanya, Yamaha, juga disinyalir sedang mengembangkan teknologi yang serupa berdasarkan paten terbaru yang diajukan belum lama ini.
Tuas Kopling dan Pedal
Berdasarkan paten tersebut, Yamaha sedang mengembangkan gigi semi-otomatis untuk model MT-07.
Namun, ada perbedaan signifikan antara sistem E-Clutch milik Honda dan yang dikembangkan oleh Yamaha. Jika sistem Honda tetap mempertahankan tuas kopling dan pedal persneling, Yamaha hanya menggunakan tombol di 'stang' dan tidak ada tuas kopling serta pedal persneling di kaki.
Yamaha memperkenalkan sistem serupa, yang dikenal sebagai YCC-S (Yamaha Chip Controlled Shifting), pada tahun 2006 melalui FJR1300, namun model tersebut tetap mempertahankan tuas kopling dan pedal persneling di kaki.
Sistem E-Clutch yang dikembangkan oleh Honda dinilai menjadi katalis bagi Yamaha untuk juga memperkenalkan sistem persneling yang lebihinovatif pada MT-07, yang juga menjadi pesaing CBR650R dan CB650R.
Pada saat yang sama, karena mesin parallel-twin juga digunakan pada YZF-R7 dan Tenere 700, ada kemungkinan besar bahwa sistem yang sama juga akan diterapkan pada kedua model di masa depan, seperti yang ditunjukkan pada sketsa paten kedua.
Yamaha juga menyarankan agar sistem persnelingnya juga bisa digunakan dalam mode full otomatis tanpa harus menekan tombol atas dan bawah untuk berpindah gigi. (*)
Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Wahyu Budi Santoso dengan judul "Yamaha Siapkan MT-07 dengan Teknologi Gear Semi Otomatis".
Editor : Syahrir Rasyid