get app
inews
Aa Read Next : Mudahkan Wisatawan, Arab Saudi Izinkan Umrah Pakai Visa Turis

Jamaah Haji dan Umrah Perlu Amalkan, Doa Masuk Masjidil Haram

Kamis, 09 Mei 2024 | 06:48 WIB
header img
Doa Masuk Masjidil Haram (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Doa masuk Masjidil Haram dapat diamalkan oleh jamaah haji atau umrah. Sebagaimana yang telah diketahui, Masjidil Haram merupakan tempat suci umat Islam.

Masjid ini dibangun mengelilingi Ka’bah, yang menjadi kiblat salat setiap Muslim di seluruh dunia. Umat Muslim yang melaksanakan ibadah haji dan umrah biasanya akan mengelilingi Ka’bah atau disebut dengan thawaf di Masjidil Haram.

Dengan segala keistimewaan tersebut, umat Muslim disunnahkan berdoa saat pertama kali memasuki Masjidil Haram. Doa itu merupakan wujud syukur atas kesempatan memasuki rumah ibadah suci umat Islam, sekaligus permohonan kepada Allah SWT agar diberi kelancaran dan keberkahan dalam menjalankan ibadah.

Doa Masuk Masjidil Haram

Melansir dari laman NU Online, Rabu (8/5/2024), berikut ini adalah doa masuk Masjidil Haram.

  أَعُوْذُ بِاللهِ العَظِيْمِ وَبِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَسُلْطَانِهِ الْقَدِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ لِلهِ. أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ. اَللَّهُمَّ اغْفِرْ لِي ذُنُوْبِي وَافْتَحْ لِي أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ

A‘ûdzu billâhil ‘azhîm wa biwajhihil karîm wa sulthânihil qadîm minas syaithânir rajîm. Bismillâhi wal hamdulillâh. Allâhumma shalli wa sallim ‘alâ sayyidinâ muhammadin wa ‘alâ âli sayyidinâ muhammadin. Allâhummaghfirlî dzunûbî waftahlî abwâba rahmatik.

Artinya: "Aku berlindung kepada Allah Yang Maha Besar, kepada Dzat-Nya Yang Maha Mulia, dan kepada kerajaan-Nya Yang Sedia dari setan yang terlontar. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah. Hai Tuhanku, berilah shalawat dan sejahtera atas Sayyidina Muhammad dan atas keluarga Sayyidina Muhammad. Hai Tuhanku, ampuni untukku segala dosaku. Buka lah bagiku segala pintu rahmat-Mu."

Setelah mengamalkan doa masuk Masjidil Haram, umat Muslim dapat melanjutkan kegiatan peribadatan lainnya, seperti tawaf qudum dan salat sunnah. Wallahu a'lam bish shawab.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut