get app
inews
Aa Read Next : Nagita Slavina Nangis Tinggalkan Anak, Pamit Berangkat Haji

Selama di Tanah Suci Jemaah Dibekali Smart Card Haji, Apa itu?

Senin, 27 Mei 2024 | 14:19 WIB
header img
Apa Itu Smart Card Haji? (Foto: unsplash)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Apa itu smart card haji? Mungkin bagi sebagian orang belum maksud dari smart card haji dan fungsi dari kartu tersebut. 

Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kartu pintar atau smart card yang dibagikan kepada jemaah haji. Kartu ini juga sebagai akses mengikuti rangkaian ibadah di Arafah, Muzdalifah, dan Mina (Armuzna). 

Apa Itu Smart Card Haji?

Dikutip dari situs Kementerian Agama (Kemenag), juru bicara Kemenag Anna Hasbie menuturkan jemaah haji Indonesia diminta membawa smart card selama berada di Tanah Suci, terutama pada puncak haji di Armuzna. 

"Smart card adalah kartu yang nanti akan dipakai oleh jemaah haji ke Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Setiap jemaah ke Armuzna wajib memakainya," kata Anna. 

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Khalilurrahman mengungkapkan, pemerintah Arab Saudi telah menyiapkan cadangan kartu bagi jamaah jika kehilangan smart card. Tapi jumlahnya terbatas.

Smart card ini disebut sebagai implementasi pelaksanaan peraturan Arab Saudi yang mengeluarkan fatwa orang yang berhaji tanpa izin hukumnya berdosa. 

Scan Barcode

Kartu smart card didominasi warna cokelat dan putih. Pada bagian depan terdapat foto dan data profil jamaah. Di sana juga ada barcode yang dapat dipindai untuk mengetahui data jemaah. 

Apa saha data yang tersaji? Data tersebut di antaranya berisi nama jemaah, foto, tempat tanggal lahir, nomor visa, dan provider yang menerbitkannya, serta lokasi pemondokan jemaah di Mekkah.

Demikian, smart card haji yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut