get app
inews
Aa Read Next : Suhu Tertinggi 52 Derajat Celsius di Thailand, Gelombang Panas Landa ASEAN

Waspadai Hujan Deras Disertai Petir di Sejumlah Daerah di Indonesia

Senin, 03 Juni 2024 | 16:41 WIB
header img
Ilustrasi hujan lebat. (Istimewa)

JAKARTA, iNews.Serpong.id - Hujan sedang hingga lebat disertai kilat dan angin kencang masih berpotensi terjadi di sebagian wilayah di Indonesia hinggal 9 Juni 2024. Ini perlu diwaspadai.

Kepala Pusat Meteorologi Publik Andri Ramdhani menyebut sejumlah wilayah yang berpotensi mengalami hujan disertai petir dan angin kencang terjadi di sebagian Sumatra, sebagian Jawa bagian barat, sebagian besar Kalimantan, sebagian besar Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, dan sebagian besar Papua. “Potensi hujan dengan intensitas sedang-lebat yang disertai kilat atau petir dan angin kencang pada periode 3 - 9 Juni 2024," katanya.

Di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) diguyur hujan dalam beberapa hari terakhir. Kondisi cuaca di Jabodetabek sudah diinformasikan oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). “Adanya potensi hujan sedang yang disertai kilat atau petir di wilayah Jakarta dan sekitarnya sejak beberapa hari lalu telah diinformasikan kepada pihak terkait dan masyarakat melalui platform diseminasi BMKG,” ujar Deputi Bidang Meteorologi, Guswanto dalam keterangan resminya, Senin (3/6/2024).

Guswanto mengatakan, kondisi ini terjadi akibat beberapa faktor dinamika atmosfer. Salah satunya gelombang ekuator Rossby dan Kelvin di Jawa bagian barat yang meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di Jawa bagian barat dan termasuk Jabodetabek.

“Kemudian, teramatinya pola pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi), suhu muka laut yang hangat pada perairan wilayah sekitar Selat Sunda dan Laut Jawa, labilitas atmosfer yang tinggi serta adanya indikasi adveksi dingin dari selatan Jawa sehingga menyebabkan kelembapan yang tinggi di wilayah pulau Jawa,” ujarnya. (*)

Editor : Burhan

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut