get app
inews
Aa Read Next : GIIAS 2024 : Motor Harley-Davidson Edisi Terbatas, Harga Nyaris Tembus Rp1 Miliar

Bentuk Lintasan Ujian Praktik SIM C1 lebih Susah dari SIM C Biasa

Rabu, 05 Juni 2024 | 05:00 WIB
header img
Golongan berbeda membuat ujian praktik SIM C1 beda dari SIM C biasa mulai dari spek motor hingga trek ujian. (Foto: X @shitlicious)

JAKARTA, iNewsSerpong.id –  Ujian praktik Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 berbeda dengan SIM C biasa, mulai dari spek motor hingga trek.

Sebelumnya, Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri meluncurkan SIM C1 untuk pengendara motor gede berkapasitas mesin 250 cc hingga 500 cc.

Seorang konten kreator, Alitt Sutanto, mendapat kesempatan menjajal langsung motor dan trek yang digunakan untuk ujian SIM C1. Momen tersebut dibagikannya dalam sebuah video singkat di akun X (Twitter) pribadinya, @shitlicious.

Kesempatan Menjajal Trek

“SIM C1 (SIM MOGE) udah mulai bisa dibuat. Ujian prakteknya gimana? Nih!,” kata Alitt dalam keterangan unggahan videonya.

Pada video tersebut, Alitt menjelaskan bahwa SIM C berbeda dengan SIM C1, mulai dari motor yang digunakan hingga jalur dengan rintangan yang berbeda. Jalur yang digunakan untuk ujian praktik cukup sulit, terlihat dari pengendara yang jatuh saat mencobanya.

“Ini adalah beberapa hal yang membedakan ujian praktik SIM C dan SIM C1. Yang pertama, karena ini adalah ujian praktik untuk motor bermesin besar, motor yang disediakan untuk ujian praktiknya adalah Hunter SK500 Scrambler,” ujar Alitt.

“Yang kedua, trek yang digunakan untuk ujian SIM C1 berbeda dengan trek yang dipakai untuk ujian praktik SIM C biasa," katanya.

Treknya cukup teknikal, di sini banyak tikungan tajam dan cukup sempit, apalagi pakai motor bermesin gede jadi cukup susah untuk menaklukkan trek ini, terutama bagi yang belum terbiasa naik motornya. (*)

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut