get app
inews
Aa Read Next : Demi Bebaskan 4 Sandera, Pasukan Israel Bunuh 210 Warga di Nuseirat Gaza

Kisah TNI Hadang Tank Merkava Israel Hendak Menerobos Masuk Lebanon 

Selasa, 18 Juni 2024 | 14:13 WIB
header img
TNI yang bertugas dalam Kontingen Garuda XXIII-N sebagai bagian dari Pasukan Perdamaian PBB (UNIFIL) di Lebanon menghadang sebuah tank Merkava milik Israel di perbatasan Lebanon-Israel pada medio 2020 lalu. Foto/Instagram @lebanese.army

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertugas dalam Kontingen Garuda XXIII-M sebagai bagian dari Pasukan Perdamaian PBB (UNIFIL) di Lebanon menghadang sebuah tank Merkava milik Israel di perbatasan Lebanon-Israel pada medio 2020 lalu.

Insiden ini terjadi di wilayah "Blue Line," sebuah area yang dijaga oleh TNI di bawah kendali PBB sebagai perbatasan netral antara kedua negara​.

Peristiwa tersebut terjadi pada 2 Juni 2020. Berawal saat tank Israel masuk ke wilayah Blue Line yang dijaga pasukan TNI. 

Saat bersamaan pasukan Lebanon telah bersiaga dengan senjata penghancur tank. Kontingan Garuda yang mendapat laporan langsung menuju ke lokasi. 

Dipimpin Komandan Kompi Alfa Mayor Inf Handi Wibowo dengan kekuatan personel sebanyak 23 orang dan satu unit Anoa kemudian berdiri di tengah-tengah di antara kedua pasukan yang akan bertikai sambil mengibarkan bendera UN dan mengimbau agar tidak terjadi konfrontasi antar kedua angkatan bersenjata tersebut. 

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut