get app
inews
Aa Read Next : Suasana Mirip di Atas Awan, 6 Desa di Wonosobo Menakjubkan

Jangan Lewatkan Berlibur di 5 Desa di Sukabumi, Sejuk dan Bisa Lihat Pelangi

Selasa, 18 Juni 2024 | 21:49 WIB
header img
5 Desa di Sukabumi Harus Dikunjungi saat Libur Panjang, Suasananya Sejuk Bisa Lihat Pelangi (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Pesona keindahan alam yang ada di Sukabumi sangat menarik untuk dikunjungi. Ya, selain Bandung dan Bogor, Jawa Barat juga punya Sukabumi yang populer dikunjungi di kalangan wisatawan.

Sukabumi, tidak hanya memiliki destinasi wisata yang menarik, tapi jika dieksplorasi lebih dalam, di sini terdapat sejumlah desa yang menawarkan keindahan alam dan keunikan budaya. Desa-desa ini tidak hanya menawarkan pemandangan yang memukau, tetapi juga kekayaan budaya yang patut dijelajahi. 

Suasananya masih alami dengan udara yang sejuk. Lokasinya tidak jauh dari Jakarta, jadi sangat memungkinkan untuk dikunjungi saat libur panjang. Penasaran di mana saja desa di Sukabumi yang harus dikunjungi saat libur panjang? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (17/6/2024).

1. Desa Ciletuh

Desa Ciletuh berlokasi di Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Desa Ciletuh merupakan bagian dari Geopark Ciletuh-Palabuhanratu yang diakui oleh UNESCO. Desa ini menawarkan pemandangan alam yang spektakuler dengan berbagai formasi batuan unik, air terjun yang menawan, dan pantai yang eksotis. Beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi di Desa Ciletuh antara lain Air Terjun Cikanteh, Pantai Palangpang, dan Puncak Darma.

2. Desa Ciptagelar

Selanjutnya Anda wajib singgah ke Desa Ciptagelar. Desa ini berlokasi di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Desa Ciptagelar dikenal dengan kekayaan budaya Sunda yang masih terjaga dengan baik. Masyarakat di sini hidup dengan cara tradisional dan sering mengadakan upacara adat yang menarik wisatawan. Salah satu acara yang paling terkenal adalah Seren Taun, ritual tahunan yang merayakan hasil panen. Selain itu, Anda juga bisa melihat rumah-rumah tradisional yang masih dipertahankan.

3. Desa Karangpara

Kemudian ada Desa Karangpara yang berlokasi di Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Desa Karangpara menawarkan pemandangan pegunungan yang memukau dan hutan yang masih asri. Tempat ini cocok untuk kegiatan outdoor seperti hiking, berkemah, dan fotografi alam. Dari Desa Karangpara, Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Gede dan perbukitan yang hijau.

4. Desa Selabintana

Selanjutnya Anda bisa singgah ke Desa Selabintana di Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Terletak di kaki Gunung Gede, Desa Selabintana dikenal dengan udara sejuk dan panorama pegunungan yang indah. Taman Wisata Alam Selabintana menjadi daya tarik utama dengan fasilitas untuk piknik, trekking, dan berkemah. Desa ini juga merupakan pintu masuk untuk mendaki Gunung Gede bagi para pendaki yang berpengalaman.

5. Desa Cibitung 

Desa Cibitung sudah populer di kalangan masyarakat. Karena di desa ini terdapat objek wisata air terjun yang eksotis bernama Curug Cikaso. Jika beruntung, Anda bisa menemukan pelangi di air terjun Cikaso. Curug ini mempunyai ketinggian 80 meter dan lebar 100 meter, menyajikan keindahan alam dan air terjun yang memukau. Ada tiga aliran yang jatuh ke kolam berwarna biru kehijauan. Setiap aliran memiliki nama berbeda, yaitu Curug Aseupan, Curug Meong dan Curug Aki. Ketiganya memiliki air yang berwarna hijau jernih.

Di bawah Curug Cikaso ada muara bernama Tegalbuleud yang sangat jernih. Airnya berwarna biru kehijauan. Muara Tegalbuleud lumayan luas, dan bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bermain air. Anda harus berhati-hati karena muara ini sangat dalam. Ada pula bagian kolam yang terdapat pusaran air. Desa Cibitung berlokasi di Kecamatan Surade, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Itulah desa-desa di Sukabumi menawarkan pengalaman yang berbeda dari kehidupan perkotaan. Dari pemandangan alam yang spektakuler hingga budaya yang kaya dan tradisional, desa-desa ini layak untuk dijelajahi. Setiap desa memiliki daya tarik tersendiri yang akan membuat perjalanan Anda ke Sukabumi menjadi berkesan.

Selamat berkunjung menikmati keindahan serta keunikan desa-desa di Sukabumi!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut