get app
inews
Aa Read Next : Satu Prajurit Gugur di Maybrat, Saat Pos TNI Diserang Kelompok Separatis

Putin Akui Kemerdekaan Kelompok Separatis Di Ukraina, Dunia Internasional Kecam Putusan Tersebut

Rabu, 23 Februari 2022 | 09:28 WIB
header img
Dunia internasional kecam putusan Putin akui kemerdekaan kelompok separatis di Ukraina dan kirim pasukan ke sana (Foto: Reuters)

RUSIA, iNewsSerpong.id - Negara-negara di seluruh dunia telah menanggapi pengakuan Rusia terhadap daerah-daerah yang memisahkan diri di Ukraina Timur sebagai negara-negara merdeka. Sebagian besar dari mereka  mengutuk langkah tersebut dan mendesak resolusi diplomatik terhadap krisis di sana.

“Kita harus membuatnya jelas bahwa serangan terhadap Ukraina merupakan serangan terhadap kedaulatan setiap negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Piagam PBB – dan ini akan ditanggapi dengan konsekuensi yang cepat dan keras,” kata Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk PBB Linda Thomas-Greenfield pada Senin (21/2) larut malam

“Kami terus percaya bahwa meja diplomatik merupakan satu-satunya tempat di mana negara-negara yang bertanggung jawab menyelesaikan perselisihan pendapat mereka,” lanjutnya.

Seorang juru bicara Sekretaris Jenderal (Sekjen) PBB Antonio Guterres, mengatakan PBB  menganggap keputusan Rusia “tidak konsisten dengan prinsip-prinsip” Piagam PBB dan melanggar kedaulatan Ukraina.

Kementerian luar negeri Turki mengeluarkan pernyataan pada Selasa pagi (22/2) yang menyebut tindakan Rusia sebagai “pelanggaran jelas terhadap persatuan politik, kedaulatan dan integritas teritorial Ukraina.”

Di Paris, Menteri Luar Negeri Prancis Jean-Yves Le Drian mengutuk tindakan Rusia dan menyatakan hal itu akan ditanggapi dengan sanksi-sanksi.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut