get app
inews
Aa Read Next : RAKYAT BERSUARA : Sejumlah Fakta Baru Terkuak dalam Kasus Vina Cirebon

Dikelilingi sawah Bikin Tenang, 5 Desa di Cirebon Patut Dikunjungi

Minggu, 30 Juni 2024 | 07:34 WIB
header img
Desa di Cirebon yang Harus Dikunjungi Maksimal Sekali Seumur Hidup, Dikelilingi Sawah Bikin Tenang (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Keindahan alam yang ada di Cirebon selalu menarik untuk dijelajahi. Apalagi jika singgah ke beberapa desanya yang tersembunyi dijamin akan membuat siapa saja betah untuk berlama-lama.

Cirebon, merupakan kota yang kaya budaya dan sejarah di Jawa Barat, dan dikenal sebagai kotanya para Wali. Kota ini juga memiliki banyak tempat wisata bersejarah yang tersebar di setiap sudut wilayah.

Keratonnya juga masih berdiri megah dan gua bekas peninggalan sejarah menjadi saksi bisu terbentuknya kota di pesisir utara Pulau Jawa ini. Namun, di balik keindahan daya tarik wisata di Cirebon, ada beberapa desa tersembunyi yang harus dikunjungi.

Beberapa desa indah itu menawarkan pemandangan alam dan pengalaman budaya yang menarik. Penasaran di mana saja desa di Cirebon yang harus dikunjungi? Berikut ulasannya dirangkum pada Senin (24/6/2024).

1. Desa Cikalahang

Desa pertama yang harus dikunjungi adalah Cikalahang.  Lokasinya terletak di lereng Gunung Ciremai, Desa Cikalahang dikenal memiliki suasana sejuk dan pemandangan indah. Desa ini juga terkenal dengan kolam pemancingannya yang menyediakan berbagai jenis ikan segar. Pengunjung bisa menikmati aktivitas memancing dan mencicipi ikan bakar di sekitar desa. Desa Cikalahang berada di Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.

2. Desa Trusmi

Desa Trusmi adalah pusat kerajinan batik di Cirebon. Desa ini terkenal dengan batik khas Cirebon yang memiliki motif dan warna unik. Pengunjung bisa melihat proses pembuatan batik secara langsung dan membeli berbagai macam produk batik sebagai oleh-oleh. Desa Trusmi berlokasi di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon.

3. Desa Kalisapu

Desa Kalisapu menawarkan pengalaman wisata budaya dengan keindahan alam yang memukau. Desa ini dikelilingi oleh sawah dan pegunungan, menjadikannya tempat yang ideal untuk bersantai dan menikmati keindahan alam. Selain itu, terdapat juga tradisi dan kesenian lokal yang bisa dinikmati pengunjung. Desa Kalisapu berlokasi di Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon.

4. Desa Cisaat

Desa Cisaat merupakan salah satu desa yang memiliki keindahan alam dan kekayaan budaya. Desa ini terletak di kaki Gunung Ciremai dan dikelilingi hutan pinus yang menambah kesejukan udara. Di sini, pengunjung bisa melakukan trekking dan menikmati pemandangan alam yang asri. Desa Cisaat berlokasi di Kecamatan Dukupuntang, Kabupaten Cirebon.

5. Desa Gamel

Desa Gamel menawarkan pengalaman wisata yang berbeda dengan suasana perdesaan yang tenang dan asri. Desa ini dikenal dengan kerajinan tangan khas Cirebon dan juga hasil pertanian yang melimpah. Pengunjung bisa menikmati suasana desa yang tenang dan berinteraksi dengan penduduk lokal. Desa Gamel berlokasi di Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon.

Itulah seputar desa di Cirebon yang harus dikunjungi maksimal sekali seumur hidup. Mengunjungi desa-desa ini memberikan kesempatan untuk merasakan keindahan alam, budaya, dan tradisi yang khas dari Cirebon. Setiap desa memiliki daya tarik tersendiri yang membuatnya layak untuk dijelajahi. Selamat berkunjung!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut