get app
inews
Aa Read Next : Baca Doa Ini Setelah Tertimpa Musibah, Agar Hati Tenteram

Buat Hati Tenteram, 20 Kutipan Ayat AlQur'an yang Indah

Senin, 01 Juli 2024 | 08:26 WIB
header img
15 kutipan ayat Al-Qur’an yang indah (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - 20 kutipan ayat Al-Qur’an yang indah berikut patut kamu jadikan motto hidup. Berpegang teguh pada kalam Allah SWT memang menjadikan hati lebih tenteram kala masalah datang silih berganti.

Hal ini karena Al-Qur’an juga bisa menjadi obat kegundahan hati bagi orang-orang yang beriman. Allah berfirman, “wahai manusia! Sungguh, telah datang kepadamu pelajaran (Alquran) dari Tuhanmu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang yang beriman.” (QS Yunus [10]: 57).

Adapun 20 kutipan ayat Al-Qur’an penuh arti yang patut kamu renungkan maknanya adalah sebagai berikut.

Kutipan ayat Al-Qur’an yang indah 

1. “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kamu dustakan.” (QS. Ar-Rahmaan: 13).
2."Sungguh, mereka yang beriman dan melakukan perbuatan benar akan memiliki taman yang di bawahnya mengalir sungai yang merupakan pencapaian besar." (QS. Al-Buruj:11).
3."Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri." (QS. Ar-Ra’d: 11).
4."Dan engkau akan melihat gunung-gunung, yang engkau kira tetap berdiri di tempatnya, padahal dia berjalan seperti awan berjalan." (QS. An-Naml: 88).
5. “Janganlah engkau bersedih, sesungguhnya Allah bersama kita.” (QS. At-Taubah: 40).
6.“Allah tidak akan membebani seseorang melainkan sesuai dengan kemampuannya.” (QS. Al-Baqarah: 286).
7."Jangan kamu merasa lemah dan jangan bersedih, sebab kamu paling tinggi derajatnya jika kamu beriman." (Q.S Ali Imran: 139).
8.“Tidakkah dia menyadari bahwa sesungguhnya Allah melihat segala perbuatannya?” (QS. Al-Alaq: 14).

9.“Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku.” (QS. Asy-Syu’ara: 80).

10. “Kebaikan tidak sama dengan kejahatan. Tolaklah kejahatan itu dengan cara yang lebih baik, sehingga yang memusuhimu akan seperti teman yang setia.” (QS. Fusshilat: 34).

11.“Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling mengenal.” (QS. Al-Hujurat: 13).

12."Dan kehidupan dunia ini tidak lain hanyalah kesenangan yang 
menipu." (QS. Al-Hadid: 20).

13."Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan, 'Kami telah beriman' sedang mereka tidak diuji lagi?" (QS. Al-'Ankabut: 2).

14."Dan tiadalah kehidupan dunia ini, selain dari main-main dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertakwa. Maka tidakkah kamu memahaminya?" (QS. Al-An’am: 32).

15."Dan Aku telah melimpahkan kepadamu kasih sayang yang datang dari Ku, dan supaya kamu diasuh di bawah pengawasan Ku." (QS. At Thaahaa:39).

16. "Dan Katakanlah: 'Bekerjalah, Allah akan melihat pekerjaanmu dan Rasul-Nya dan orang-orang yang beriman, dan kamu akan dikembalikan kepada pengetahuan tentang segala apa yang kamu kerjakan.'" (QS. At-Taubah: 105)

17. "Dan janganlah kamu iri kepada orang-orang yang diberi kelebihan oleh Allah berupa harta benda dan anak-anak; sesungguhnya Allah hendak menguji mereka dengan apa yang Dia berikan itu, dan sesungguhnya Allah Maha Cepat Hisabnya." (QS. Al-Imran: 152)

18. "Dan Katakanlah: 'Kebenaran itu datang dari Tuhanmu, maka barangsiapa yang ingin beriman, niech beriman, dan barangsiapa yang ingin mengingkari, niech mengingkari.'" (QS. Al-Kahf: 29)

Kebenaran akan selalu datang dari Allah. Percayalah kepada Allah dan ikutilah ajaran-Nya dengan penuh keimanan.

19. "Dan Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, sehingga mereka mengubah diri mereka sendiri." (QS. Ar-Ra'd: 11)

Nasib seseorang tidak akan berubah begitu saja. Jika kamu ingin mengubah nasibmu, maka ubahlah dirimu sendiri menjadi lebih baik. Berusahalah dengan sungguh-sungguh dan jangan mudah menyerah.

20. "Sesungguhnya orang-orang yang paling berhak atas rahmat Allah adalah orang-orang yang beriman dan bertakwa." (QS. Al-Anfal: 62)

Itulah 20 kutipan ayat Al-Qur’an yang indah. Membaca dan merenungkan Al-Quran secara rutin dapat memberikan ketenangan jiwa serta kekuatan.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut