get app
inews
Aa Read Next : Tenang dan Jangan Panik, ini Cara Mengembalikan Akun TikTok yang Hilang

Jangan Panik bila Mesin Mobil Bunyi Klotok-klotok, Periksa Bagian ini

Jum'at, 19 Juli 2024 | 05:00 WIB
header img
Suara mesin bunyi klotok-klotok jangan panik, segera melakukan pemeriksaan dan perbaikan untuk mengetahui sumber masalah. (Foto: Dok iNews.id)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Jangan panik, bila suara mesin terdengar bunyi klotok-klotok. Segera lakukan pemeriksaan dan perbaikan untuk mengetahui sumber masalah.

Bunyi yang tidak biasa bisa menjadi pertanda kendaraan mengalami kerusakan.Apa saja yang harus diperiksa? Dilansir dari laman Wuling, berikut beberapa tindakan yang dapat dilakukan.

1. Periksa Oli Mesin

Pastikan oli masih dalam kondisi baik dan cukup untuk melumasi semua komponen mesin. Jika oli kotor atau kurang, segera ganti dengan yang sesuai dengan jenis dan kapasitas mesin.

2. Periksa Lebar dan Sempit Katup

Pastikan berada di batas normal. Jika tidak, segera lakukan penyetelan ulang dengan menggunakan alat ukur khusus atau bawa ke bengkel.

3. Periksa Bantalan Poros Engkol

Pastikan bantalan masih baik dan tidak aus atau rusak. Jika begitu, segera ganti dengan bantalan baru dengan mekanik atau bawa ke bengkel.

4. Periksa Kualitas Bahan Bakar

Jika tidak yakin dengan kualitas bahan bakar yang digunakan, segera ganti dengan yang lebih baik atau tambahkan aditif untuk meningkatkan oktan.

5. Bawa ke Bengkel Resmi

Jika tidak bisa mengatasinya sendiri, bawa mobil ke bengkel resmi atau ke bengkel langganan. Ceritakan kondisi mobil dengan detail agar mekanik dapat menganalisis dan mengatasi masalah dengan tepat.

Sebagai pengingat, sangat penting untuk memperhatikan dan merawat mobil dengan benar. Kendaraan yang terawat dengan baik akan nyaman dan aman ketika digunakan untuk berkendara tanpa perlu khawatir terjadi masalah di jalan. (*)

 

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut