get app
inews
Aa Read Next : Nyeri Sendi hingga Pegal Linu, Yuk Coba Produk Minyak Balur Waji

Gak Cuma Kerokan! Ternyata Ada 7 Cara Mengatasi Masuk Angin Tanpa Obat

Kamis, 24 Februari 2022 | 08:13 WIB
header img
7 Cara Mengatasi Masuk Angin Tanpa Obat (Foto: Timesofindia)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - 7 CARA mengatasi masuk angin tanpa obat yang akan dibahas dalam artikel ini dapat Anda coba di rumah. Masuk angin merupakan istilah yang digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk menjelaskan adanya ketidaknyaman dalam tubuh.

Ketidaknyamanan ini ditandai dengan munculnya demam, rasa nyeri pada beberapa bagian tubuh, perut kembung, hingga munculnya rasa pegal-pegal. Penyebab masuk angin, kurang lebih mirip dengan penyebab flu.

Ada berbagai macam pengobatan yang dapat dilakukan, salah satu yang paling mudah untuk dilakukan adalah beristirahat. Jika Anda sering masuk angin dan tidak kunjung hilang, maka segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Namun, jika Anda baru pertama kali masuk angin, sebenarnya keluhan ini bisa disembuhkan tanpa obat-obatan. Merujuk laman Rumah Sakit Ciputra yang ditinjau oleh dokter Edwin Halim, berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan keluhan masuk angin.

Menjaga kelembapan udara

Menjaga kelembapan udara juga dapat dilakukan dengan memberikan alat penguap atau pelembap kabut. Hal ini dilakukan untuk membantu mengganti udara dalam ruangan setiap harinya sehingga dapat tersirkulasi dengan baik.

Mengonsumsi makanan hangat

(7 Cara Mengatasi Masuk Angin Tanpa Obat, Foto: Serious Eat)

Mengonsumsi makanan hangat, seperti sup ayam atau makanan berkuah lainnya mampu memberikan ketenangan dan kehangatan pada tubuh. Selain itu, meminum air atau teh hangat juga disarankan untuk membantu memberi ketenangan pada tubuh dan mengurangi dehidrasi.

Konsumsi cairan dengan cukup

Perbanyaklah minum air putih, jus, sup berkaldu, atau air lemon hangat dengan madu untuk membantu mencegah dehidrasi. Hindari konsumsi alkohol, kopi, dan soda yang dapat membuat dehidrasi tubuh semakin parah.

Konsumsi makanan bergizi

Ini seperti minum air putih, walaupun tenggorokan tidak enak menelan, Anda harus tetap makan makanan bergizi. Makanan bergizi akan membantu sel darah putih melawan bakteri atau virus yang ada pada tubuh. Pastikan Anda memakan makanan seperti sayur dan buah-buahan.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut