get app
inews
Aa Read Next : Uang Tunai dan Beasiswa Ratusan Juta Rupiah Disiapkan! Lawson & MNP Gelar Eco Bag Competition 2024

5 Beasiswa yang Cocok untuk Kalangan Menengah, tidak Perlu Persyaratan SKTM

Sabtu, 20 Juli 2024 | 07:47 WIB
header img
Beasiswa merupakan salah satu cara terbaik untuk membantu meringankan beban biaya pendidikan, terutama bagi mereka yang terkendala biaya. (Foto/Ilustrasi: Ist)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Melalui beasiswa adalah salah satu cara terbaik membantu meringankan beban biaya pendidikan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki cukup dana untuk melanjutkan studi.

Tak heran apabila beasiswa selama ini identik dengan kalangan yang memerlukan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM).

Padahal, ada banyak beasiswa yang bisa diakses tanpa memerlukan SKTM. Apa saja beasiswa tersebut?

5 Beasiswa yang Cocok untuk Kalangan Menengah

1. Beasiswa Bank Indonesia (BI)

Program ini bertujuan mendukung pengembangan generasi muda masa depan yang unggul dan kompetitif. Bank Indonesia memiliki program beasiswa unggulan dan beasiswa reguler. Info selengkapnya, kunjungi website BI

2. Beasiswa Pertamina Sobat Bumi

Beasiswa Sobat Bumi merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Pertamina sebagai bentuk kepedulian terhadap kemajuan pendidikan bangsa. Info selengkapnya, kunjungi website pertamina foundation.

3. Beasiswa Tanoto Foundation

Beasiswa Tanoto Foundation adalah beasiswa inisiasi dari Tanoto Foundation yang bertujuan menciptakan generasi unggul serta pemimpin masa depan dengan sikap tangguh agar berkontribusi memberikan hal positif untuk Negara Indonesia. Info selengkapnya, kunjungi website tanoto foundation.

4. Beasiswa Pendidikan Indonesia

Program Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) adalah salah satu upaya pemerintah untuk mendukung pemuda Indonesia dalam meraih pendidikan yang berkualitas. Dalam program ini, Pemerintah memberikan kesempatan kepada mahasiswa yang berprestasi untuk melanjutkan studi di berbagai perguruan tinggi ternama di Indonesia. Info selengkapnya, kunjungi website kemdikbud.

5. Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan (BU) Kemendikbudristek terbagi menjadi dua kategori, yakni BU bagi pegawai Kemendikbudristek dan BU bagi masyarakat berprestasi. BU bagi masyarakat berprestasi diberikan bagi masyarakat yang memiliki kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang sarjana, magister, dan doktor di perguruan tinggi dalam negeri atau perguruan tinggi luar negeri. Info selengkapnya, kunjungi website kemendikbud.

Jumlah Penerima Beasiswa Program Pemerintah Indonesia (Mei 2023)

Kemendikbudristek: 38.913 awardee

Kemenag: 26.575 awardee

LPDP: 7.605 awardee (terus dalam penghitungan)

Persentase Siswa/Mahasiswa yang Menerima Beasiswa atau Bantuan Pendidikan (2009-2021)

Tahun 2009: 3,89%

Tahun 2012: 11,29%

Tahun 2015: 10,95%

Tahun 2018: 20,28%

Tahun 2021: 20,14%

 


Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com oleh Wahyono dengan judul "Tak Perlu SKTM, Ini 5 Beasiswa yang Cocok untuk Kalangan Menengah | Halaman Lengkap".

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut