get app
inews
Aa Read Next : 3000 Lebih Perempuan Meriahkan Parade Budaya Tangsel Berkebaya

Perempuan Berkebaya Indonesia Ajak Perempuan Muda Berkebaya dan Berkain Nusantara

Minggu, 21 Juli 2024 | 08:27 WIB
header img
Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) ajak para perempuan muda Indonesia untuk mulai berkebaya dan berkain nusantara. (Foto: PBI)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Perempuan Berkebaya Indonesia (PBI) sebagai pelopor komunitas perempuan berkebaya di Indonesia, menggelar kegiatan bertajuk "Remaja Berkebaya dan Berkain Nusantara", pada Sabtu (20/7/2024), di Komplek DPR RI Kalibata, Jakarta Selatan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak dan memupuk minat para remaja maupun perempuan muda Indonesia untuk mulai berkebaya dan berkain nusantara," ungkap Ketua Panitia, Trisny Susanti.

Kegiatan yang diikuti sekitar 200-an peserta bagian dari menyambut Hari Kebaya Nasional yang sudah ditetapkan pemerintah setiap 24 Juli, melalui Keppres No. 19 Tahun 2023.

Libatkan Kaum Milenial

“Kami bergerak bersama generasi muda, kali ini melibatkan remaja-remaja SMA, mahasiswa, dan para milenial,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum PBI, Rahmi Hidayati, membeberkan bahwa pengenalan kebaya ke generasi muda sudah sejak beberapa tahun yang lalu dijalankan PBI.

Antara lain dengan menggelar program Kebaya Goes To School dan Kebaya Goes To Campus. Tanpa diduga, ujarnya, ternyata ketertarikan siswa sekolah dan para mahasiswa luar biasa besar kepada kebaya.

“Awalnya mereka hanya tahu bahwa kebaya itu pakaian ibu dan neneknya. Ternyata anak-anak muda pun bisa asyik berkebaya,” ujar Rahmi seraya menambahkan bahwa soal pelestarian budaya berkebaya ini memang hanya bisa dilakukan bila generasi muda ikut bergerak di dalamnya.


Pengenalan kebaya dan kain nusantara ke generasi muda sejak beberapa tahun yang lalu dijalankan PBI. (Foto: PBI)
 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut