get app
inews
Aa Read Next : Benarkah Vasektomi Kurangi Gairah Seks Pria? Ternyata Masih jadi Perdebatan

Anji Pilih Mandulkan Diri, tak Ingin Punya Anak Lagi

Jum'at, 26 Juli 2024 | 10:09 WIB
header img
Tak Ingin Punya Anak Lagi, Anji Putuskan Mandulkan Diri (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Anji Manji membuat keputusan cukup berani usai bercerai dengan Wina Natalia. Sang musisi memutuskan akan menjalani prosedur vasektomi. Apa itu vasektomi

Di depan Deddy Corbuzier, Anji Manji mengatakan keputusan melakukan prosedur vasektomi adalah permintaan anaknya, Saga Omar Nagata. Saga ternyata meminta secara khusus kepada Anji agar tidak memiliki anak lagi. Ini agar Anji bisa fokus memberi perhatian kepada Sigra. 

"Saga pokoknya cuma bilang 'enggak apa-apa, tapi aku pengen dua hal' kata dia yang pertama pokoknya jangan berubah kondisi di rumah, dan yang kedua dia minta satu hal 'Manji jangan punya anak lagi'. Dan itu di depan ibunya dan di depan kakak-kakaknya,” katanya.

Di sisi lain, masih banyak orang yang belum tahu apa itu vasektomi. Apakah benar vasektomi adalah proses memandulkan seorang pria? Berikut penjelasan selengkapnya. 

Apa Itu Vasektomi?

Menurut laporan Mayo Clinic, Vasektomi adalah salah satu bentuk kontrasepsi pria dengan memotong pasokan sperma ke air mani. Dengan begitu, di dalam air mani seorang pria, tidak mengandung sperma. 

"Prosedur vasektomi adalah pilihan alat kontrasepsi yang aman dan efektif bagi pria yang yakin tidak mau punya anak lagi," ungkap laporan Mayo Clinic, Kamis (25/7/2024).

Vasektomi hampir 100 persen efektif mencegah kehamilan dengan biaya yang jauh lebih murah ketimbang biaya sterilisasi wanita (ligasi tuba) atau biaya pengobatan kontrasepsi jangka panjang bagi wanita. 

 "Dengan melakukan vasektomi, artinya pria tidak perlu melakukan tindakan pengendalian kelahiran sebelum melakukan hubungan badan, seperti memakai kondom," ungkap laporannya. 

Dijelaskan juga bahwa prosedur vasektomi itu merupakan operasi rawat jalan dengan risiko komplikasi atau efek samping yang rendah. Pada kasus yang sangat jarang, dilaporkan vasektomi menyebabkan efek samping segera setelah operasi, meliputi:

1. Hematoma atau pendarahan atau bekuan darah di dalam skrotum

2. Ada darah di air mani

3. Memar pada skrotum 

4. Infeksi di lokasi operasi

5. Nyeri ringan atau rasa tidak nyaman

6. Pembengkakan

"Secara umum, vasektomi tidak menimbulkan efek samping yang nyata dan komplikasi serius jarang sekali terjadi," kata Mayo Clinic. 

Tidak disarankan bagi pria dengan gejala nyeri testis kronis atau penyakit testis menjalani prosedur vasektomi.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut