get app
inews
Aa Read Next : Syarat dan Cara Daftar, Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja PCPM

Dukung Inklusi Keuangan Digital, Bank DKI Ambil Bagian dalam FEKDI 2024

Jum'at, 02 Agustus 2024 | 13:28 WIB
header img
PT Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta (Bank DKI) mendukung penuh setiap upaya peningkatan inklusi keuangan di Indonesia. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsSerpong.id - PT Bank Pembangunan Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta (Bank DKI) mendukung penuh setiap upaya peningkatan inklusi keuangan di Indonesia.

Tak terkecuali juga dalam hal keuangan digital. Dukungan tersebut, di antaranya, dilakukan dengan turut berpartisipasi dalam Forum Ekonomi Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) tahun 2024, yang diselenggarakan di Jakarta, pada Kamis (1/8/2024) hingga Minggu (4/8/2024) mendatang.

Gelaran tersebut diinisiasi oleh Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, dengan turut didukung oleh Kementerian/Lembaga terkait, dan asosiasi serta kalangan pelaku industri.

"Partisipasi pada FEKDI 2024 merupakan bukti komitmen Bank DKI dalam mendukung percepatan digitalisasi sektor keuangan. Sebagai BUMD (Badan Usaha Milik Daerah), Bank DKI menjalankan peran sebagai kolaborator pertumbuhan ekonomi khususnya di Jakarta, melalui berbagai inovasi digital untuk memperluas aksesibilitas, menyediakan layanan keuangan yang lebih mudah diakses, dan lebih efisien bagi masyarakat," ujar Direktur Utama Bank DKI, Agus H Widodo, dalam keterangan resminya, Kamis (1/8/2024).

Menurut Agus, turut ambil bagiannya Bank DKI dalam gelaran ini juga sekaligus menjadi penanda atas peran aktif Perseroan selama ini dalam mendorong transformasi digital di sektor keuangan.

Dengan mengambil tema Sinergi Memperkuat Ekonomi dan Keuangan Digital serta Inklusif untuk Pertumbuhan yang Berkelanjutan, Agus menjelaskan, hal ini sejalan dengan arah kebijakan Pemerintah dalam memperkuat stabilitas sistem pembayaran dan akselerasi lebih lanjut ekonomi dan keuangan digital nasional untuk mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan. 

"FEKDI merupakan ajang sinergi kebijakan dan showcasing berbagai produk dan inovasi, implementasi kebijakan serta pencapaian dalam pengembangan ekosistem ekonomi dan keuangan digital," ujar Agus.

Senada dengan itu, Direktur Teknologi dan Operasional Bank DKI, Amirul Wicaksono, menyampaikan bahwa dengan turut hadir di FEKDI 2024, Bank DKI berharap dapat memperluas jangkauan dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya digitalisasi keuangan.

"Bank DKI juga berkomitmen untuk terus bersinergi dengan berbagai pihak guna memperluas ekosistem keuangan digital yang inklusif dan berkelanjutan di Indonesia," ujar Amirul.

Dalam penyelenggaraannya, FEKDI 2024 turut dihadiri langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, serta Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo.

Menurut Sekretaris Perusahaan Bank DKI, Arie Rinaldi, dalam kesempatan tersebut Bank DKI turut memperkenalkan beberapa produk digital yang selama ini menjadi unggulan Perseroan.

"Termasuk di antaranya aplikasi JakOne Mobile yang merupakan mobile banking sekaligus mobile wallet, dengan layanan mulai dari transaksi perbankan, pembayaran bermacam tagihan dan belanja online, transaksi dengan scan QRIS, top up saldo uang elektronik, bersedekah dan berdonasi, pembayaran pajak dan retribusi, pembukaan deposito dan rekening tabungan secara online, hingga fitur mobile cash untuk transaksi tarik tunai tanpa kartu di ATM Bank DKI maupun ATM bank lain yang bekerjasama, seperti BCA, BNI, berlogo Prima," ujar Arie.
 
Selain itu, menurut Arie, Bank DKI juga menampilkan berbagai inisiatif yang mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dalam mengadopsi teknologi digital, di antaranya aplikasi JakOne Abank yang memungkinkan UMKM memperoleh penghasilan tambahan dengan menjadi agen layanan keuangan Bank DKI.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut