get app
inews
Aa Read Next : Anak Pengrajin Bambu Bali Diterima Kuliah Gratis di UGM

Eksplorasi agar Jadi Prestasi, Jangan Sepelekan Bakat Anak

Senin, 26 Agustus 2024 | 09:05 WIB
header img
Orang Tua Harus Tahu! Jangan Sepelekan Bakat Anak, Eksplorasi agar Jadi Prestasi (Foto: Kiddy)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Mengeksplorasi bakat adalah proses penting yang membantu anak menemukan dan mengembangkan minat. Orang tua harus paham mengenai bakat yang tersembunyi dari anak, jika dikembangkan bisa menjadi prestasi.

Psikolog Yasinta Indriati, M.Psi dari Profil Talenta Indonesia, menekankan pentingnya pengembangan bakat pada setiap individu. Menurutnya, bakat merupakan kemampuan yang melekat sejak lahir, dan setiap orang sebenarnya memiliki bakat. 

"Namun, banyak orang tua tidak menyadari bakat tersebut, sehingga bakat itu terpendam tanpa bisa diwujudkan dengan baik," ujar Psikolog Yasinta Kamis (23/8/2024).

Dalam analoginya, Yasinta menyatakan, bakat itu seperti bibit dalam pot. Jika tidak dirawat, maka bakat tersebut tidak akan tumbuh menjadi sesuatu yang dapat dibanggakan. Oleh karena itu, bakat perlu dirawat dan dikembangkan agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi potensi yang nyata.

Menurut dia, bakat harus dirawat dan ditunjukkan agar tumbuh dan menjadi kebanggaan. Karena itulah Yupi Good Talent, yang diselenggarakan oleh PT Yupi Indo Jelly dan kini sudah memasuki tahun ke-5 sejak awal diselenggarakannya menjadi wadah bagi penyaluran bakat. Melalui ajang bakat ini, peserta bisa  mengeksplorasi dan mengungkapkan bakat mereka. 

Menurutnya, acara ini lebih dari sekadar kompetisi bakat, namun juga merupakan tempat di mana anak-anak dan remaja dapat menemukan kepercayaan diri, mengembangkan keterampilan, dan mengeksplorasi potensi mereka sepenuhnya. "Ajang ini tidak hanya tentang bakat tetapi juga tentang pertumbuhan pribadi dan profesional. Anak dan remaja akan belajar bagaimana menghadapi tantangan, menerima kritik," kata Yasinta.

Sementara itu, Purwacaraka melihat adanya ajang seperti ini bisa menjadi kesempatan untuk orang tua agar mendorong anak-anak mereka yang berbakat. "Mudah-mudahan adanya ajang ini bisa memberikan suatu kesempatan agar anak-anak itu bisa ikut menampilkan bakat mereka,” ujar Purwacaraka.

Purwacaraka menambahkan, tidak hanya dalam bidang musik, terdapat beberapa juri lain yang telah dipilih. Mereka terdiri atas tokoh-tokoh yang telah mencapai kesuksesan di bidang mereka masing-masing.

"Melalui ajang ini, anak-anak Indonesia bisa mengasah bakatnya. Kami memberikan dukungan serta memfasilitasi individu berbakat terutama anak dan remaja di berbagai bidang dengan menyediakan kegiatan kompetisi," kata Addyono H. Koloway, marketing communication manager PT Yupi Indo Jelly Gum.

Dia menjelaskan, tahun ini peserta meningkat dari tahun lalu. Tercatat ada sekitar 8.000 peserta yang ikut audisi dan melibatkan tim dari Purwacaraka Music Studio. Nantinya, 24 peserta terbaik yang berhasil masuk ke grand final setelah melalui tahap semifinal.

"Mereka berhasil menunjukkan bakat-bakat luar biasa, mulai dari menyanyi, menari, bermain alat musik, hingga bakat di bidang seni yang unik lainnya," kata Addyono.

Dia menjelaskan, para juri terdiri atas orang-orang yang mumpuni salah satunya Purwacaraka, salah satu tokoh musik dan hiburan di Tanah Air. "Juri kami pilih dari berbagai profesional berpengalaman dari berbagai bidang. Terdiri dari tokoh-tokoh yang telah mencapai kesuksesan di industri mereka masing-masing," katanya.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut