get app
inews
Aa Read Next : Ruri Repvblik Tak Sabar Manggung Lagi, Kondisi Mulai Membaik

Simak di Sini, Daftar Jurusan S2 yang Cocok untuk PNS

Kamis, 29 Agustus 2024 | 18:44 WIB
header img
Berikut daftar jurusan S2 yang cocok untuk PNS. Ada jurusan favoritmu? (Foto: Ilustrasi/Antara)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Jurusan S2 yang cocok untuk PNS (pegawai negeri sipil) diulas dalam artikel ini. Informasi yang disajikan penting diketahui untuk menentukan jurusan S2 yang akan diambil untuk berkarier sebagai PNS.

Studi S2, atau yang dikenal sebagai pascasarjana, merupakan jenjang pendidikan lanjutan bagi para lulusan sarjana. Mereka yang lulus menempuh studi ini akan meraih gelar magister.

Tentunya, memutuskan jurusan S2 yang akan diambil memerlukan pertimbangan matang. Terlebih studi itu dijalani untuk bisa berkarier sebagai PNS.

Sehingga, jurusan S2 yang akan diambil harus disesuaikan dengan karier yang dituju. Secara rata-rata, dibutuhkan waktu sekitar 1,5 hingga 2 tahun dengan jumlah total 180-194 SKS untuk menyelesaikan pendidikan pascasarjana.

Dikutip dari laman Binus University, kuliah S2 mendatangkan banyak manfaat. Pendidikan itu membuat seseorang lebih matang dalam menghadapi persaingan dunia kerja, hingga membuka relasi dan pengalaman baru.

Lantas, jurusan S2 apa saja yang cocok untuk PNS?

Simak informasi jurusan S2 yang cocok untuk PNS di halaman berikutnya...

Deretan Jurusan S2 yang Cocok untuk PNS

Sejumlah kementerian dan lembaga membuka seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) setiap tahunnya. Sejumlah formasi dibuka untuk seleksi.

Tiap formasi yang dibuka memiliki kualifikasi yang harus dipenuhi para pelamar. Salah satunya jenjang pendidikan.

Para pelamar harus memenuhi kualifikasi pendidikan sesuai formasi yang akan dilamar. Biasanya, kualifikasi yang ditentukan mulai dari SLTA/sederajat hingga doktoral alias S3.

Salah satunya, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas). Pada pengadaan CPNS 2024, Kementerian PPN/Bappenas membuka 751 formasi CPNS. 

Sejumlah formasi CPNS di Kementerian PPN/Bappenas mensyaratkan pelamarnya minimal berkualifikasi pendidikan S2, seperti unit kerja Direktorat Industri, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dengan jabatan Perencana Ahli Pertama.

Pelamar yang bisa mendaftar jabatan itu harus berkualifikasi S2 Perencanaan Ekonomi dan Kebijakan Pembangunan, S2 Perencanaan dan Kebijakan Publik, S2 Ilmu Ekonomi, S2 Ekonomi Pembangunan, S2 Ekonomi Studi Pembangunan, s2 Perencanaan Wilayah dan Kota, S2 Sains Manajemen, S2 Perencanaan Kepariwisataan dan S2 Manajemen Keuangan.

Selain itu pada unit kerja Pusat Pembinaan Pendidikan dan Pelatihan Perencana dengan jataban Widyaiswara Ahli Pertama, kualifikasi pendidikan yang disyaratkan yakni S2 Ekonomi, S2 Manajemen, S2 Hukum, S2 Sosiologi, S2 Ilmu Komunikasi, S2 Hubungan Internasional, S2 Administrasi Bisnis.

Kemudian pengadaan CPNS Kemenkumham 2024 dengan jabatan Ahli Pertama - Widyaiswara, kualifikasi pendidikan yang harus dipenuhi pelamar untuk bisa melamar yakni S2 Manajemen, S2 Studi Kebijakan, S2 Hukum, S2 Sistem Informasi Manajemen, S2 Teknik Komputer, S2 Ilmu Informatika, S2 Ilmu Manajemen, S2 Ilmu Komputer, S2 Sistem Informasi, S2 Psikologi, S2 Ilmu Politik dan S2 Kebijakan Publik.

Lalu pada pengadaan CPNS Kemensetneg 2024 dengan jabatan Widyaiswara Ahli Pertama penempatan Pusat Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, kualifikasi pendidikan yang mesti dipenuhi yakni S2 Ekonomi, S2 Ilmu Pemerintahan, S2 Sosiologi, S2 Ilmu Politik, S2 Manajemen dan S2 Kebijakan Publik.

Berdasarkan informasi di atas, jurusan S2 yang cocok untuk PNS sejatinya mengikuti kebutuhan dari masing-masing instansi. Dengan kata lain, seluruh jurusan S2 berpeluang cocok bagi PNS sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan masing-masing kementerian dan lembaga.

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut