get app
inews
Aa Read Next : Simon Aloysius Mantiri, Orang Dekat Prabowo Isi Jabatan Komisaris Utama Pertamina Gantikan Ahok

Presiden Terpilih Prabowo Berencana Bentuk Kementerian Perumahan, Skema Pemisahan dengan PUPR

Rabu, 11 September 2024 | 07:45 WIB
header img
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono jelaskan rencana pemisahan PUPR dengan Kementerian Perumahan. Itu tidak masalah. (Foto: iNews.id/Iqbal)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Rencana pemisahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menjadi Kementerian Perumahan dinilai oleh Menteri PUPR Basuki Hadimuljono sebagai langkah untuk mengembalikan fokus masing-masing instansi.

"Organisasi hanya sebagai kendaraan untuk mencapai satu tujuan. Dulu, Pekerjaan Umum hanya menangani pekerjaan umum saja. Setelah itu, menjadi Pekerjaan Umum dan Tenaga Listrik, lalu menjadi PUPR. Jika ada rencana untuk memisahkan menjadi Kementerian Perumahan, saya rasa itu tidak masalah," ujar Basuki saat ditemui di Kompleks DPR RI, Senin (9/9/2024).

Lebih lanjut, Basuki menjelaskan bahwa pemisahan ini akan memungkinkan Kementerian Pekerjaan Umum untuk lebih fokus dalam membina industri jasa konstruksi di Indonesia.

Pengembangan Sektor Perumahan

"Dari pengamatan saya terhadap Pak Hasyim (Ketua Satgas Perumahan Prabowo), pemisahan ini akan mengembalikan Kementerian PU kepada perannya sebagai inti bisnis Pekerjaan Umum. Hanya akan menangani bina marga, cipta karya, dan sumber daya air, tidak masalah," tuturnya.

Dengan demikian, ujar Basuki, Kementerian Pekerjaan Umum dapat lebih fokus pada kualitas jasa konstruksi, termasuk dalam sektor jalan, jembatan, infrastruktur permukiman dan wilayah, serta infrastruktur sumber daya air.

Sebagai informasi, sebelumnya Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo, mengungkapkan bahwa pemerintahan Prabowo-Gibran akan mendirikan kembali Kementerian Perumahan.

Sebagai Ketua Satgas Perumahan untuk Presiden terpilih Prabowo Subianto, Hashim menekankan bahwa pendirian Kementerian Perumahan ini merupakan langkah pemisahan dari Kementerian PUPR, sebagai komitmen Prabowo dan Gibran untuk mengembangkan sektor perumahan. (*)

 

 

 

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut