get app
inews
Aa Read Next : 5 Nahdliyin Bertemu Presiden Israel, PBNU Ikut Khawatir jadi Ajang Pencitraan Israel

Sekjen PBNU Saifullah Yusuf Dilantik Jadi Menteri Sosial Gantikan Tri Rismaharini

Rabu, 11 September 2024 | 08:22 WIB
header img
Sekjen PBNU Saifullah Yusuf atau Gus Ipul dilantik menjadi Menteri Sosial. (Foto: MPI)  

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Saifullah Yusuf yang akrab disapa Gus Ipul, resmi dilantik sebagai Menteri Sosial, menggantikan Tri Rismaharini. Pelantikan tersebut dijadwalkan berlangsung pada hari Rabu, 11 September 2024, pukul 09.00 WIB.

"Hari ini, Bapak Presiden diagendakan untuk melantik Bapak Saifullah Yusuf sebagai Menteri Sosial untuk sisa Masa Jabatan 2019-2024," ujar Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana, dalam keterangannya.

Gus Ipul sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) untuk masa khidmat 2021-2026, dan mendampingi KH Yahya Cholil Staquf yang terpilih sebagai Ketua Umum PBNU dalam Muktamar ke-34 NU di Lampung pada akhir Desember 2021.

Sederet Jabatan Penting

Gus Ipul bukan sosok asing bagi masyarakat Indonesia, mengingat ia memiliki pengalaman dalam berbagai jabatan penting, seperti anggota DPR RI, menteri, wakil gubernur, dan wali kota.

Meskipun kariernya berfokus pada jalur politik, cita-cita Gus Ipul semula adalah menjadi guru madrasah, terinspirasi oleh ayahnya, Ahmad Yusuf Cholil, seorang pegawai Departemen Agama dan guru agama di SD dan SMP.

Gus Ipul menempuh pendidikan dasar dan menengah di pesantren di Jombang, di mana ia dikenal memiliki kemampuan bersosialisasi yang baik dengan berbagai kalangan, termasuk yang memiliki keyakinan berbeda.

KH Abdurrahman Wahid, alias Gus Dur, pamannya, mendorongnya untuk melanjutkan pendidikan di Jakarta setelah menyelesaikan SMA. Ia kemudian menempuh pendidikan tinggi di Universitas Nasional dan belajar langsung dari Gus Dur yang kala itu menjabat sebagai Ketua Umum PBNU.

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut