get app
inews
Aa Read Next : Daftar iPhone yang Kebagian iOS 18

Paling Cepat dan Mudah, Cara Mematikan Suara Kamera iPhone

Sabtu, 14 September 2024 | 12:15 WIB
header img
Cara Mematikan Suara Kamera iPhone Paling Cepat dan Mudah (Foto: unsplash)

JAKARTA, iNewsSerpong.id - Cara mematikan suara kamera iPhone bukan perkara yang sulit. Tapi masih banyak pengguna iPhone yang kebingungan untuk mematikan suara kamera tersebut.

Suara kamera cukup mengganggu untuk sejumlah pengguna. Apalagi jika sedang mengambil foto di tempat umum karena bisa menarik perhatian orang di sekitar.

Namun, Anda harus tahu di daerah tertentu seperti Uni Emirat Arab, Korea Selatan, dan Jepang, suara kamera tidak bisa dimatikan. Kepatuhan terhadap undang-undang setempat membatasi produsen perangkat untuk memasukkan opsi mematikan suara rana kamera.

Alasan utama suara kamera di wilayah itu dimatikan yakni agar orang tidak mengambil gambar orang lain tanpa melakukan  mereka sadari. 

Ada berbagai cara mematikan suara iPhone yang dapat dicoba para pengguna. Berikut detailnya, sebagaimana dikutip dari Slash Gears, Jumat (13/9/2024).

Mematikan Suara Kamera di iPhone via Tombol Switch

Di sisi ponsel ada menemukan switch Ring / Silent. Sesuai namanya, fungsi utamanya  menempatkan ponsel Anda pada mode diam. Ketika iPhone dalam mode diam, Anda bisa mengambil gambar tanpa suara rana kamera mati dengan setiap klik.

Pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max, switch Ring / Silent telah diganti dengan tombol Action. Ini masih bisa berfungsi seperti switch Ring / Silent, mengalihkan ponsel ke mode diam. Satu-satunya perbedaan sekarang Anda membuat tombol Action pada iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max untuk melakukan beberapa hal lain yang cukup berguna.

Mematikan Suara Kamera iPhone lewat Tombol Volume

Suara shutter kamera iPhone sekeras volume Anda. Jadi, jika ingin mematikan suara shutter kamera sepenuhnya, cukup turunkan slider volume Anda ke nol. Berikut adalah bagaimana Anda dapat melakukan itu:

  1. Tekan tombol volume di sisi ponsel hingga ke level mute
  2. Sebagai alternatif, jika tombol volume iPhone tidak berfungsi, pergi ke pusat kontrol dengan menggesek ke sudut kanan atas iPhone Anda atau swipe ke atas dari bagian bawah layar dan seret penggeser volume sampai bisu.

Sekarang, setiap kali mengambil gambar, Anda tidak akan mendengar suara shutter kamera selama volume masih nol.

Mematikan Suara Kamera iPhone dengan Mengaktifkan Live Photos

Dengan mengaktifkan fitur Live Photo, iPhone akan merekam video 3 detik setiap kali Anda mengambil foto. Meskipun ini berarti tidak ada suara shutter kamera, itu juga berarti Anda memiliki kontrol yang lebih kreatif atas gambar yang telah diambil. 

Alih-alih terjebak dengan satu gambar, Anda dapat menggulir melalui frame yang telah diambil dalam video pendek itu dan memilih gambar terbaik. Jika tidak yakin apakah fitur Live Photo aktif, selesaikan langkah-langkah berikut:

  1. Pergi ke pengaturan ponsel, gulir ke bawah dan pilih Camera
  2. Pilih Preserve Setting dan di halaman selanjutnya pastikan toggle Live Photo dalam keadaan aktif. 

Itu tadi cara mematikan suara kamera iPhone. Semoga membantu!

(*)

Editor : Syahrir Rasyid

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut